Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Teladani Perilaku Rasulullah SAW Dalam Momentum Maulid Nabi

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T04:14:11Z

Dakwahpos.com, Ciamis- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al- Munawarroh, mengadakan acara PHBI, Pada malam minggu, (30/10/2021). Kegiatan ini diisi oleh Ustadz Syamsul Qodri, dengan mengangkat tema "Teladani Perilaku Rasulullah SAW Dalam Momentum Maulid Nabi".

Ketua panitia PHBI, M. Ghufron mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan juga untuk mencari ridho Allah SWT, menjalin silaturahmi, serta agar para jamaah yang hadir lebih mengerti tentang perilaku Nabi Muhammad SAW yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam ceramahnya Ustadz Syamsul Qodri menjelaskan bahwa rasulullah sebagai suri tauladan bagi umat islam. Nabi muhammad merupakan salah satu seorang yang memiliki pribadi yang sangat baik. Sehingga sebagai umat islam kita harus selalu meneladani perilaku atau sifat Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat.
Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul sekaligus menjadi uswah hasanah (suri teladan yang baik) bagi umatnya. Seperti yang terdapat dalam QS. Al-Ahzab ayat 21:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًا
Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah".

"Untuk bisa mencintai dan meneladani kehidupan Nabi Muhammad secara benar, Kita harus mempelajari serta mengkaji sepak terjang beliau semasa hidupnya". Ujarnya.

Ustadz Syamsul Qodri menjelaskan lebih lanjut, ada 4 keteladanan yang dapat kita ambil dari perilaku Nabi Muhammad SAW yaitu kejujuran, Nabi muhammad merupakan pribadi yang jujur seperti pada saat Nabi Muhammad jujur ketika menjual barang dagangan milik khadijah. Mandiri, Nabi Muhammad merupakan pribadi yang mandiri dan tidak manja yang dapat kita lihat dari kisah Nabi Muhammad yang dari kecil sudah mau bekerja, di mana pada saat kecil nabi sudah menggembala kambing. Berani, Nabi merupakan pribadi yang berani yang dapat kita lihat dari sikap nabi muhammad yang berani menyampaikan dakwah walau banyak dihina dan diancam oleh masyarakat Mekkah. Dan bijaksana, Nabi Muhammad merupakan pribadi yang bijaksana dapat dilihat dari cara memimpin kota Madinah dengan baik.

"Kita harus bisa menerapkan perilaku Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, Karena semua perilaku yang sesuai dengan perilaku nabi Muhammad akan memberikan dampak positif dalam hidup dan juga sudah sesuai dengan syari'at islam". Ujarnya.

Reporter: Resti Septianingsih
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update