Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Teladani Akhlak Rasulallah Saw

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T14:10:38Z

Dakwahpos.com, Tasikmalaya- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muthoharroh, mengadakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, pada malam  Kamis, (28/10/2021). Kegiatan ini diisi dengan penceramah

Ustadz Enung Abdurrohman, dan mengatakan tema " Taati Akhlak Rasulallah Dalam Kehidupan"
Menurut Ustadz Marfu, selaku wakil ketua DKM Al-Muthoharoh, mengatakan bahwa acara PHBI tersebut sekaligus acara rutinan pengajian setiap satu bulan sekali. Hal tersebut juga memiliki tujuan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw, dan supaya masyarakat Al-Muthoharroh menjadi orang-orang yang bisa mentaati akhlak Rasulallah.

Ustad Enung Abdurrohman, dalam ceramhnya menjelaskan akhlak Rasulallah yang patut kita teladani, dan diambil dari sebagian keterangan yang berada dalam kitab "Al-Barjanji" yang merupakan seluruh ma'na yang terkandung dalam al-qur'an. Selain itu juga, banyak akhlak mulia Rasulallah yang dirawayatkan dalam banyaka hadits, dan dimuat dalam kitab "Al-Barjanji", sehingga hal tersebut banyak bercerita tantang mulianya akhlaq Nabi Muhammad Saw.

"Diantara akhlak Rasulallah Saw yang patut kita tauladani yaitu; Rasul sangat mempunyai rasa malu dengan sebuah hak dari Allah Swt yang belum terpenuhi, Rasulallah sangat rendah hati, sehingga jauh dari sifat takabur" pungkasnya.

Ustd Enung lebih lanjut menjelaskan tentang keseharian Rasulallah, yaitu hidup yang sederhana, rajin bekerja demi memenuhi kebuhan keluarganya dengan pelayanan yang sangat mengesankan.

Tirulah akhlak Rasulalaah juga sangat mencintai orang-orang fakir, selalu mencintai dan menyayangi orang-orang miskin, selalu bergaul dengan orang fakir dan miskin, dan selalu menengoknya apabila dalam  keadaan sakit, sehingga Rasulallah tidak pernah menghinakan orang fakir dan miskin, bahkan Rasulallah selalu memberikan kebagiaan kepada mereka. Ujarnya (28/10/2021).

Rasulallah dalam keseharianya selalu tegas,  hatinya selalu lembut, selalu ridho dalam mengharap ridho Allah Swt.

Siti Aisyah istri Rasul mengatakan; "Beradalah akhlak Rasulallah sebagaimana Qur'an". Dengan demikian, begitulah akhlak Rasulallah yang patut ditauladani dalam kehidupan sehari-hari.



Reporter Resta Komalasari
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandunh, Jawa Barat
×
Berita Terbaru Update