Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanda Orang Berilmu Menurut Ustadz Dr. KH. Hafidz Muslih, M. Ag

Senin, 25 Oktober 2021 | Oktober 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T23:32:19Z

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kultum rutin ba'da dzuhur, Rabu (03/04/2021). Kegiatan yang diisi oleh Ustadz Dr. KH. Hafidz Muslih, M. Ag ini mengangkat tema "Tanda Orang Berilmu."

Kultum Mesjid ikomah merupakan kultum rutinan yang diadakan oleh mesjid ikomah, kultum ini merupakan kultum episode ke 104. Kultum ini di isi oleh Ustadz Dr. KH. Hafidz Muslih, M. Ag ini mengangkat tema "Tanda Orang Berilmu."

Dalam ceramahnya Ustadz Dr. KH. Hafidz Muslih, M. Ag menjelaskan tanda orang yang berilmu mengambil dalamsurat Ali Imran ayat 18. Orang yang berilmu adalah orang yang senantiasa menegakan kebenaran, menegakan kebaikan pada unsur kedzoliman.

"dijelaskan bahwa orang berilmu adalah orang yang senantiasa menegakkan kebenaran dan kebaikan tanpa ada unsur kedzoliman, selanjutnya tanda orang yang berilmu yaitu orang yang konsisten/istiqomah dalam beramal. Rasulullah bersabda diantara orang-rang yang cerdas, pertama ilmunya digunakan untuk mengingat kematian." Ujarnya

Selanjutnya, beliau menjelaskan amalan yang allah cintai adalah amalan yang senantiasa menerus dan konsisten walaupun hanya sedikit diamalkan. Ali bin Abi Thalib menjelaskan orang berilmupun bisa berubah karna 3 perkara yang pertama, ia sedang dekat dengan pemimpin atu pejabat. Kedua, menjadi pemimpin bisajadi yang tadinya rendah hati menjadi sombong. Yang ketiga, dia kaya setelah miskin.

Akhir kultum beliau mengingatkan kepada kita bahwa orang berilmu tidak berubah dalam kondisi apapun selalu istiqomah dalam menjalankan sesuatu.

"Barang siapa yang tidak berubah karana tiga itu, karna dekat dengan pejabat, karna menjadi pemimpin, karna menjadi kaya, tidak berubah dengan tiga itu maka ia adalah orang yang cerdas dan dia memiliki akhlak yang luar biasa. Itulah tanda orang yang berilmu", pungkasnya

Reporter : Teguh Julian Pribadi 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update