Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Warga Desa Palasari dan Cipadung Dapatkan Vaksin Sinovac Gratis

Kamis, 21 Oktober 2021 | Oktober 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-22T07:57:20Z

Dakwahpos.com, Bandung - Kelurahan Cipadung bekerja sama dengan Transmart Carrefour Cipadung menggelar vaksinasi gratis bagi warga Kelurahan Cipadung dan Palasari, Kamis (14/10/2021).  Sebanyak 860 dosis vaksin Sinovac diberikan kepada warga yang telah terdaftar berdasarkan surat formulir dari Rukun Warga (RW) masing-masing. 

"Kegiatan vaksin gratis ini merupakan program kerjasama antara Dinas Kesehatan melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cipadung dengan Transmart Carrefour Cipadung," ungkap Beni, Aparatur Kelurahan Cipadung.
 
Persyaratan wajib yang musti dibawa adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Sejumlah warga mulai mengantre sejak pukul 08.00 WIB di depan Transmart Carrefour Cipadung dengan mengenakan masker supaya memenuhi protokol kesehatan. 
 
Beni juga menuturkan bahwa data penerima vaksin dihimpun sebelum kegiatan ini digelar. Data calon penerima vaksin di input kedalam aplikasi Puskesmas agar ketika proses vaksinasi ini berlangsung tidak ada kekeliruan data seberapa banyak dan siapa saja yang akan menerima suntikan vaksin.

Persiapan dilakukan pada Rabu (13/10/2021) sore di lokasi vaksinasi. Mulai dari pemeriksaan data, penataan kursi untuk antrean peserta vaksinasi, pemasangan spanduk, dan penataan sound sistem.

"Hari ini sudah ada dua orang IT yang sedang persiapan di Transmart, jadi persiapannya mulai dari sekarang, rapi-rapi pun hari ini dilakukan," ujar Beni, Rabu (13/10/2021).

Sri Widianti, Koordinator kegiatan Vaksinasi dari pihak Puskemas, menuturkan bahwa terdapat beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses vaksinasi, mulai dari pendaftaran, screening, vaksinasi, lalu observasi yakni pengecekan pasca vaksin. Kegiatan vaksinasi ini hanya menginjeksikan vaksin tahap satu saja. Untuk kelanjutan vaksin tahap dua belum ada kepastiannya.

Jumlah total nakes yang bertugas dalam vaksinasi ini sebanyak 25 orang. Sebanyak 15 orang bidan diberikan tugas untuk memegang tanggung jawab dalam proses screening dan proses menyuntikkan vaksinasi. Dan 10 orang dari puskesmas melakukan tahapan yang lainnya. 

Salah satu penerima vaksin, warga Desa Palasari, Sunarto mengatakan bahwa ia merasa bersyukur dengan diadakan kegiatan ini,

"Alhamdulillah sihh, bisa vaksin juga, tadinya kan kita nunggu-nunggu kegiatan vaksinasi gratis. Akhirnya kenetulan yang dari RT ada yang kerumah ngasih formulir jadi Alhamdulillah sekali," tutur Sunarto, Kamis (14/10/2021).

Reporter : Alya Muhtar, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update