Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sempurnakan Wudhu Sebelum Shalat

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:57:02Z

Cimahi, Dakwahpos.com - DKM Al-Ikhlas di daerah Cimindi Hilir, tetap jalankan pengajian rutin ibu-ibu dan bapak-bapak di malam Ahad ba'da maghrib. Pada hari  Sabtu ( 30/10/2021) pengajian rutin diisi oleh Ustadz Dada dengan tema pentingnya menyempurnakan wudhu sebelum shalat. 

Sebelum pengajian diisi ceramah dari Ustadz Dada, Ustadz Hendi memimpin tadarus Al-Qur'an terlebih dahulu. Baru kemudian setelah itu ceramah dari Ustadz Dada. Menurut Ustadz Dada sebelum mempelajari ibadah lainnya seperti shalat, penting bagi kita untuk kembali mendalami materi wudhu. Mulai dari sunnat nya dan fardhunya. 

"Sebelum kita membahas bab ibadah lain seperti shalat, alangkah baiknya kita kembali mendalami apa itu wudhu? Apa saja sunnahnya? Dan apa saja yang termasuk fardhunya? Karena sepenglihatan saya selama ini masih banyak orang yang belum menyempurnakan wudhunya ketika akan sholat. Padahal sahnya sholat juga tergantung pada sahnya wudhu." Ujar Ustadz Dada

Kemudian Ustadz Dada menyampaikan yang termasuk sunnah wudhu dan fardhu wudhu. Karena sebagian masyarakat belum bisa membedakan mana yang merupakan sunnat wudhu dan merupakan fardhu wudhu.

"Yang termasuk fardhu atau rukun wudhu itu hanya ada 6 yaitu yang pertama niat, kedua membasuh muka, ketiga membasuh kedua tangan, sampai siku yah ini harus diperhatikan, terkadang ada yang asal aja membasuh dan tidak sampai siku. Harus sampai siku ya harus diperhatikan. Kemudian keempat mengusap sebagian kepala, kelima membasuh kaki sampai mata kaki, dan yang keenam yaitu tertib, sedangkan mencuci tangan, berkumur-kumur, membasuh kedua telinga itu sunnah bukan fardhu." Ujar Ustadz Dada

Ustadz Dada juga menjelaskan mengenai pentingnya niat. Dan niat itu disampaikan melalui hati. Selain itu Ustadz Dada juga menjelaskan bahwa tertib adalah berurutan antara rukun wudhu yang pertama sampai terakhir itu dilakukan secara berurutan. Selain itu, ustadz Dada juga menyampaikan tentang air yang digunakan untuk wudhu yaitu air yang suci dan menyucikan. 

"Para jama'ah selain fardhu dan sunnah wudhu, kita harus mengetahui air yang boleh digunakan untuk wudhu yaitu air yang suci lagi menyucikan. Artinya air yang masih murni tidak terkena najis." Ujar Ustadz Dada 

Menyempurnakan wudhu itu sangat penting karena sahnya shalat juga tergantung pada sahnya wudhu. Segala ibadah yang dilakukan harus disertai dengan ilmunya.


Reporter : Novi Nurhikmah Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update