Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejarah Kebangkitan Khilafah Turki Utsmani

Senin, 25 Oktober 2021 | Oktober 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T23:36:02Z

Dakwahpos.com, Bandung-Kegiatan Kajian Kitab Kuning (KAKIKU) yang dilaksanakan DKM Ikomah rutin dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan youtube masjid ikomah sendiri dengan berbagai tema kajian.

 

KAKIKU edisi Rabu (01/11/21) hadir dengan tema "Kebangkitan Khilafah Turki Utsmani" dengan narasumber Prof. Dr. H. Dindin Solahudin, MA. Dan moderator Dr. Uwes Fatoni, M.Ag. Kajian kali dibuka dengan doa dan sepotong kisah Khilafah Turki Utsmani.

Selanjutnya narasumber menerjemahkan isi kitab dan menjelaskan isi dari kitab tersebut bahwasanya kekhalifahan turki utsmani yang dikenal sebagai Ottoman Empire di barat lahir diujung abad ke 7.

 

Salah satu faktor berdirinya Kekhalifahan utsmani adalah banyaknya kerajaan-kerajaan kecil yang berdiri saat kekhalifahan abbasiyah, salah satunya yaitu Utsmani. Semakin hari, Kerajaan kecil itu mengalami kemajuan  dan lompatan-lompatan hingga menjadi Daulah Pertama di Dunia yang berasaskan Islam.

 

Narasumber menjelaskan bahwa saat itu bangsa arab tidak mempedulikan pemimpin mereka dari kaum mana, yang terpenting bagi mereka adalah seorang khilafah harus mempunyai sifat-sifat atau kriteria-kriteria yang membuat islam berkembang.

 

"Mereka melakukan penelitian secara mendalam mengenai apa saja kondisi sosial dan umat muslim yang terjadi pada kekhalifahan abbasiyah yang mengakibatkan keruntuhan kekhalifahan tersebut untuk mempelajari dan mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi di kekhalifahan mereka" Jelas narasumber.

 

2 abad lamanya bangsa eropa berperang dengan bangsa muslim. Saat itu bangsa eropa kalah dalam pertempuran Panjang tersebut. Namun, mereka tidak menerima kekalahan tersebut dan mencoba bangkit dan melakukan beberapa serangan. Adapun berbagai serangan yang dating yaitu :

 

Serangan orang-orang eropa di barat laut tengah, mereka melakukan berbagai cara untuk menghapuskan islam dari wilayah Andalusia(spanyol). Perpecahan umat muslim di Andalusia menyebabkan orang-orang eropa menang melawan Andalusia. Bukan hanya itu, penyebab lain dari kekalahan umat musli di Andalusia saat itu adalah bahwa umat islam digoyahkan oleh kesenangan duniawi.

 

Di bagian timur, orang eropa melakukan korespondensi dengan kaum tar-tar untuk menghancurkan islam.

 

Ditengah-tengah mereka memanfaatkan kaum nasara(umat Nasrani) yang hidup ditengah-tengah umat islam untuk menghancurkan umat islam dari dalam.


Reporter : Aulikha Fiony Cahyani Shifa

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati

×
Berita Terbaru Update