Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sedekah Tidak Akan Membuat Miskin

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T15:23:43Z

Dakwahpos.com-Bandung, Sukabumi-mesjid Nurul Ulum yang bertepatan di Jl. Nasional III NO.28-30, Gunungpuyuh, kec. Gunungpuyuh, kota. Sukabumi Jawa barat 43132.

Pada hari Sabtu tanggal (30/10/2021) Ustadzah Dra.Hj. Neni Fauziah membawakan ceramah yang berjudul "Keajaiban Sedekah" 

Jangan takut akan habis nya rezeki ketika kita rajin sedekah dan sedekah tidak akan menjadi miskin bahkan dari sedekah kita bisa berlipat rezeki nya dalam hadis di jelaskan "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR. Muslim). 


Sedekah ialah pemberian kepada orang lain secara sukarela tanpa melihat jumlah dan waktunya. Bentuknya juga tidak mengikat pada satu objek tertentu saja, melainkan beragam selama bisa memberi manfaat kepada orang lain. Dalam al qur'an di jelaskan surah Al-mujadilah ayat 12

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


يٰۤاَ يُّهَا  الَّذِيْنَ  اٰمَنُوْۤا  اِذَا  نَ جَيْتُمُ  الرَّسُوْلَ  فَقَدِّمُوْا  بَيْنَ  يَدَيْ  نَجْوٰٮكُمْ  صَدَقَةً   ۗ ذٰلِكَ  خَيْرٌ  لَّكُمْ  وَاَ طْهَرُ   ۗ فَاِ نْ  لَّمْ  تَجِدُوْا  فَاِ نَّ  اللّٰهَ  غَفُوْرٌ  رَّحِيْمٌ


"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul, hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum (melakukan) pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih. Tetapi jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 12)


Faedah memberi sedekah ialah mendapat pahala yang berlipat-ganda dari Allah, membersihkan dan menyucikan harta yang dimiliki, serta membersihkan jiwa dari keinginan mengumpulkan harta dan menjadikannya sebagai tujuan hidup. Suka bersedekah dapat mengurangi kesengsaraan orang-orang fakir dan dapat pula meninggikan kalimat Allah. Namun, ketika kita bersedekah jangan berharap akan mendapat imbalan yang cepat atau yang lebih besar. Maka bersedekah lah dengan ikhlas dan niatkan untuk membantu orang yang sedang membutuhkannya. Tetapi sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya. 


ada dua ayat dalam alquran surat fatir ayat 29-30 tentang janji allah swt kpd org yg berinfaq dalam sembunyi- sembunyi ataupun dalam keadaan terang-terangan. 

اِنَّ  الَّذِيْنَ  يَتْلُوْنَ  كِتٰبَ  اللّٰهِ  وَاَ قَا مُوا  الصَّلٰوةَ  وَا

 نْفَقُوْا  مِمَّا  رَزَقْنٰهُمْ  سِرًّا  وَّعَلَا نِيَةً  يَّرْجُوْنَ  تِجَا رَةً  لَّنْ  تَبُوْرَ  

لِيُوَفِّيَهُمْ  اُجُوْرَهُمْ  وَيَزِ يْدَهُمْ  مِّنْ  فَضْلِهٖ   ۗ اِنَّهٗ  غَفُوْرٌ  شَكُوْرٌ


Dalam ayat ini allah swt menjanjikan kepada orang" yang suka berinfaq diantara allah yang suka berinfaq diantaranya ialah perniagaan atau perdagangan yang tidak pernah rugi, ketika kita meninfaqkan harta kita untuk masjid menginfaqkan harta kita untuk orang lain atau untuk keluarga kita maka tidak akan membawa kita kedalam kerugian hal yang mustahil. 


Yang kedua allah akan menyempurnakan untuk mereka, orang yang berinfaq orang yang sedekah di jalan allah maka allah akan menyempurnakan balasan mereka. tidak akan pernah memberi balasan yang kurang dari mereka, kalau mereka berinfaq dengan angka satu maka allah akan menyempurnakan balasan tuju ratus kali lipat minimal. Tiga, Allah akan menambahkan anugrah bagi mereka dan tidak di sebutkan spesifik, ini menjadi suatu kejutan bisa bentuk kembalian bisa bentuk kemulian dan lain-lain. maka dari itu salah satu cara untuk kebaikan yaitu dalam keadaan terang terangan atau sembunyi- sembunyi.


Reporter : Fadhila Alvinia

Mahasiswi KPI Uin Sunan Gunung Djati Bandung



×
Berita Terbaru Update