Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sebab Tidak Terkabulnya Doa

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T05:42:37Z

Dakwahpos.com, Bandung – Kegiatan rutin Kultum yang digagas oleh DKM Ikomah UIN Sunan Gunung Djati sudah memasuki eps 133. Acara rutinan kali ini dilaksanakan sebelum ibadah salat Jumat (30/04/2021), dengan Ustaz Babay Suhaemi, M.Ag sebagai pemateri. 

Kegiatan kultum yang hari ini bertemakan "Tertolaknya Doa" dilaksanakan di Masjid Ikomah, dalam lingkup kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Juga disyiarkan melalui YouTube agar kultum ini bisa dinikmati oleh semua muslim seluruh Indonesia.

Dalam pemaparan pertamanya, Ia menceritakan sebuah kisah dari Imam Hasan Al-Bashri yang ketika itu didatangi oleh beberapa jamaah yang ingin mengajukan pertanyaan mengenai tidak terkabulnya doa.

"Jamaah ini mengawali dengan ucapan salam, kemudian jamaah tersebut mengeluhkan bahwa mereka sudah bertahun-tahun berdoa kepada Allah, tapi sampai saat ini doa mereka belum didengar, dipenuhi doanya," ujarnya.

Ia melanjutkan cerita, bahwasannya jamaah tersebut terus mengeluh tentang tidak terkabulnya doa kepada Imam Hasan.

"Apa yang salah pada kami wahai Imam? kalau kami disuruh buat baik, buat baik apa yang belum pernah kami lakukan wahai Imam? Tapi sampai saat ini kami banyak berbuat kebaikan, doa kami belum diijabah ya Imam" Ustaz Babay mencontohkan perkataan Jamaah yang mengeluh kepada Imam Hasan. 

Ia melanjutkan, bahwa Imam Hasan yang mendengar keluhan tersebut dengan hanya tersenyum dan kemudian menerangkan pada Jamaahnya.

"Taukah kalian yang menyebabkan doa kita belum dikabul oleh Allah walaupun sudah banyak berbuat baik? Ya karena hati kita sudah mati. Dari hati yang mati, mana mungkin doa kita akan dikabul oleh Allah?," ucapnya seperti perkataan Imam Hasan.

Ia juga mengilutrasikan doa itu harus ada setrumnya, seperti halnya alat-alat elektronik pada umunya.

"Ini mikrofon ada setrum jadi bunyi, kipas angin ada setrum muter, tv ada setrum nyala, doa juga sama. Karena iman, kita melaksanakan setiap amal ibadah kita termasuk ibadah ramadan saat ini, Iman lah yang menggerakan kita sujud, puasa, rajin baca quran. Karena panggilan Iman, kita lakukan itu. Tapi kadang hati kita mati, kita sering melakukan kebaikan tapi kita tidak mendatangkan rido Allah SWT," pungkasnya.

Ia mengakhiri kultumnya, dengan menutip perkataan Imam Hasan kepada Jamaah yang mengeluh tersebut, bahwa hati kita mati karena kita terlalu kenal kepada Allah.

"Kalian terlalu kenal sama Allah, tapi hak Allah untuk disembah dan kewajiban kita sebagai makhluk untuk menyembah kepada Allah, terkadang kita lalai melaksanakannya. Ini yang menyebabkan hati kita mati, dan ini yang menyebabkan salah satu doa kita tidak terkabul oleh Allah swt." Tutup Ustaz Babay.

Reporter : Rayza Fauzan Al Habsy
×
Berita Terbaru Update