Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Salat Jum'at Berlangsung, Patuhi Protokol Kesehatan

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:49:58Z

Dakwahpos.com, Bandung- Mesjid Al-Ikhlas ( As-sawiyah ) Bandung yang bertepatan di Jl. Babakan Biru, RT.04/RW.08, Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40625, tetap menjalankan kegiatan salat Jumat bersama-sama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun kegiatan salat dengan mematuhi protokol kesehatan , namun antusias jama'ah untuk melakukan salat masih tetap ada. 

Selain ramai para jama'ah pun masih bisa merasakan kekhusyuan dalam memahami isi khutbah imam yang disampaikan. Selain warga sekitar dan para santri dari pengajian mesjid tersebut, masih banyak orang yang dari luar atau sedang dalam perjalanan yang suka salat di mesjid itu. Dengan luas mesjid yang sedikit luas dan tingkat , menjadikan mesjid itu mesjid memadai untuk menampung orang banyak.

Akan tetapi protokol kesehatan sangatlah diutamakan , sebelum kita datang ketempat mesjid , sudah terdapat plampet yang mengharuskan kita menjalani protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker. Tetapi warga sekitar tidak keberatan akan adanya peraturan tersebut, malah warga atau jama'ah mengikuti aturan yang diberikan oleh DKM tersebut. Walaupun masih ada yang tidak mematuhinya , terkadang mereka yang tidak mematuhinya akan diberitahu dan penjelasan kenapa harus mengikuti protokol kesehatan.

Setelah saya teliti dan analisa, ternyata mesjid Al-Ikhlas ini adalah mesjid yang cepat ketika salat Jum'at. Ketika mesjid Al-Ikhlas sudah selesai melaksanakan salat Jum'at, mesjid lain masih terdengar khutbah dari penceramah. Mungkin ini salah satu protokol kesehatan yang tidak boleh lama-lama saat berkerumunan. Namun sangat disayangkan karena materi yang disampaikan oleh imam jadi terbatas.

Setelah selesai melaksanakan salat Jum'at, saya bertanya kepada salah satu orang yang sering melakukan salat di mesjid Al-Ikhlas , tentang mengenai berat atau tidaknya mematuhi protokol kesehatan ketika salat Jum'at ." Sebenarnya tidak terlalu memberatkan tergantung kitanya sendiri gimana cara menanggapinya. Namun dengan adanya peraturan tersebut, warga sekitar tidak lagi risau atau cemas , karena mesjid ini kan umum, banyak orang yang tidak kenal salat disini, banyak orang yang habis dari perjalanan jauh salat disini. Jadi dengan adanya peraturan seperti ini , mencegah untuk menyebaran penyakit "juranya. Jum'at ( 29/10/2021 )

Reporter : Mochamad Maulana.
Mahasiswa UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update