Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sabar dan Solat Sebagai Penolong

Selasa, 26 Oktober 2021 | Oktober 26, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-26T02:32:05Z

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Ikomah yang berada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali mengadakan kegiatan rutinan yang bernama KAKIKU (Kajian Kitab Kuning). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, baik menggunakan zoom meeting maupun kanal YouTube Masjid Ikomah sendiri dengan berbagai macam tema kajian.

KAKIKU edisi Kamis (12/07/2021) ini melanjutkan kajian Tafsir Al-Muyassar dimana akan membahas isi QS. Al-Baqarah Ayat 45-46 dengan narasumber Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M. Ag dengan moderator Dr. Uwes Fatoni, M. Ag.

Dalam kajian ini, Prof. Rosihon menerangka bahwa sholat itu berat. Hal ini dikarenakan pada dasarnya hawa nafsu manusia tidak suka pada ketaatan. Namun Allah juga menyebutkan cara agar sholat terasa ringan. Yaitu dengan khusyuk.
"Orang yang khusyuk itu yaitu orang yang takut kepada Allah dan meyakini sesungguhnya mereka akan bertemu dengan Tuhannya. Mereka yakin bahwa mereka akan berjupa dengan Rabb mereka Azza Wa Jallas etelah kematian, bahwa mereka akan kembali kepadanya di Hari Kiamat untuk menghadapi hisab dan memerima balasan" ujar Beliau.

Selanjutnya Prof Rosihon menjelaskan bahwa Allah menyuruh para hamba-Nya untuk meraih kebaikan dunia dan akhirat yang mereka dambakan, dengan cara menjadikan kesabaran dan shalat sebagai penolong dalam menghadapi segala urusan kalian.

Dia  juga berkata bahwa beberapa ulama berpendapat bahwa yang dimaksud sabar dalam ayat di atas adalah menahan diri dari perbuatan maksiat karena disebutkan bersama dengan berbagai macam pelaksanaan ibadah, yang paling utama adalah ibadah shalat.

Di akhir kajian, Prof. Rosihon menerangkan bahwa secara konteks ayat tersebut ditujukan sebagai peringatan bagi Bani Israil, namun yang dimaksud bukanlah mereka semata, tetapi ditujukan secara umum baik kepada mereka maupun selain mereka.
Wallahu'alam.

Reporter : Aqil Supriyanto
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

×
Berita Terbaru Update