Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T12:19:37Z

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid jami Al-fatah adakan Kegiatan Rutinan Pengajian Ibu-ibu pada hari Kamis (28/10/2021) diisi oleh penceramah Bapak Kyai H. Endang Hidayat dan mengangkat tema "Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW."

Dalam Ceramah Ustadz Kyai H. Endang Hidayat mengungkapkan bahwa tanggal 1 Rabiul Awal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Selasa, 18 Oktober 2021. Selain kelahiran Rasulullah, sejumlah peristiwa penting disebut juga terjadi pada bulan Rabiul Awal. Seperti: hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekah ke Kota Madinah, dibangunnya masjid pertama di dunia, pertama kali digelar sholat Jumat dan wafatnya Rasulullah SAW.

Ustadz Kyai H. Endang lebih lanjut Menjelaskan Di zaman jahiliyah sebelum nabi pertama lahir, zaman itu benar-benar gelap.  Ada kategori pada zaman jahiliyah yaitu maqom kari, maqom karodu, maqom qolmihi.  Maqom kari adalah Maqom harga itu.  Maqom karodu adalah Maqom yang terpercaya.  Maqom qolmihi adalah maqom yang tidak tahu apa-apa. Datanglah Nabi Muhammad SAW Berdakwah di Makkah Dengan perlahan-lahan. 

Karakter orang Makkah ialah galak, preman. Makanya Nabi Muhammad SAW datangnya secara perlahan-lahan tidak langsung. Ada surat makkiyah sama madaniyah. Surat makkiyah yaitu surat yang diturunkan dikota Makkah, surat Madaniyah yaitu surat yang diturunkan dikota Madinah. Ungkapnya lebih lanjut 

Ustadz Kyai H. Endang Juga Menjelaskan perbedaan surat makkiyah sama madaniyah yaitu surah Makkiyah merupakan surah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw ketika beliau berada di Makkah dan belum hijrah ke Madinah berbeda-beda orang dan bede-beda karakter . surah Madaniyah adalah ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan kepada Rasulullah saw dikota Madinah setelah peristiwa hijrah. Tetapi begitu juga orang Makkah masih jahiliyah orang islmnya juga masih teoretis, jadi dakwahnya beda. Dalam al-qur'an ada yang disebut qinayah. kinayah adalah adalah ungkapan yang disampaikan dan yang dimaksud adalah kelaziman maknanya disamping boleh juga makna itu sendiri.

"Masyarakat Muslim di Indonesia menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, dan pengajian. Maulid Nabi menjadi momentum bagi umat Islam untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya ada nilai moral yang dapat dipetik dengan memahami akhlak terpuji dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW. dengan mengungkapkan kegembiraan terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan kita terhadap Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam." Ujar Ustadz Kyai H. Endang Hidayat

Reporter : Neng Ayu Lestari KPI III C
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update