Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penyemangat Hidup

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T12:20:59Z

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Hikmah Bandung mengadakan pengajian rutin pada, Jumat (28/10/2021). Kegiatan pengajian kali ini diisi oleh Hj. Siti Rukoyah yang mengangkat sebuah tema yaitu " Penyemangat Hidup"
"Ketika kita sakit Allah SWT tarik 3 perkara. Pertama, Allah SWT tarik keceriaan wajah kita. Kedua, Allah SWT tarik selera makan kita. Ketiga, Allah SWT tarik dosa kita. Apabila sudah sembuh, Allah SWT antar 2 perkara saja yaitu Allah SWT kembalikan keceriaan wajah kita dan Allah SWT mengembalikan selera makan kita"
Hal ini menyadarkan kita betapa sayangnya Allah SWT kepada kita. Kebanyakan manusia suka mengeluh dalam menjalankan kehidupannya. Mereka tidak menyadari nikmat yang sudah Allah SWT berikan salah satunya adalah nikmat sehat, ada kalanya kita lupa dan tidak bersyukur telah diberikan kesehatan oleh Allah SWT.
Lalu pemateri menyampaikan "Cobalah untuk tidak mengeluh dengan hal ini. Yang pertama ketika kita mengeluh cape Allah SWT menjawab dalam QS. An-Naba :9" yang berbunyi :
وَّجَعَلۡنَا نَوۡمَكُمۡ سُبَاتًا
Artinya : Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat
Allah SWT menjadikan tidur pada malam hari itu untuk beristirahat dari kesibukan pekerjaan pada siang hari. Karena dengan istirahat dan tidur, manusia dapat mengembalikan daya dan kekuatan untuk melangsungkan pekerjaan pada keesokan harinya. Jika  tidak diselingi oleh istirahat tentu kekuatan siapa pun akan lemah sehingga tidak dapat melangsungkan tugas sehari-hari.
Selanjutnya pemateri menyampaikan "Ketika kita mengeluh "Beratnya cobaan ini, tidak sanggup rasanya" Allah menjawab dalam QS. Al-Baqarah : 286" yang berbunyi :
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا
Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.
Sebab Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Allah SWT akan memberikan balasan kepada seseorang yang berusaha lebih sesuai dengan apa yang sudah dia kerjakan, jika seseorang sudah mengerjakan sesuatu dengan usaha penuh dan dengan do'a serta tekad kuat Allah SWT akan memberikan balasan yang setimpal dengan apa yang sudah dia kerjakan, dan jika mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya dan wujud dalam bentuk nyata.
Reporter : Afni Efrilia Maharani
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update