Penyelenggaraan Gebyar Vaksin Covid-19 Desa Cinunuk

Dakwah pos.com, Bandung- Pemerintah Desa Cinunuk bekerja sama dengan DPD LDII Kabupaten Bandung, Baitul Manshurin mengadakan Gebyar Vaksin Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung serbaguna LDII, Baitul Manshurin Desa Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Terdapat 2000 dosis vaksin yang siap diberikan kepada masyarakat yakni terdiri dari 1500 dosis dari unsur wilayah dan 500 dari unsur DPD LDII. Pada penyelenggaraan kali ini masyarakat bebas melaksanakan vaksin dosis pertama maupun kedua dengan syarat mengajukan sertifikat vaksin pertama untuk melakukan dosis vaksin yang kedua.
 
"Kepala yayasan menyampaikan, mengadakan kolaborasi karena dari pihak LDII sudah merencanakan program secara khusus yayasan di tanggal 20, karena kolaborasi kita himpun di tanggal 13", kata Kasi Kesejahteraan Desa Cinunuk Kusnadi, Rabu (13/10/2021).

Gebyar Vaksin Covid-19 merupakan vaksinasi pertama yang dilakukan secara massal yang sebelumnya vaksinasi hanya dilakukan pada tingkat RW. "Pelaksanaan vaksin kedua akan diselenggarakan kembali setelah 21 hari kedepan dan teknis pelaksanaannya tergantung program ketersediaan vaksin sendiri apakah sudah ada atau belum, dan juga ketersedian panitia, yang jelas vaksin harus dilaksanakan 2 kali, tidak terpaku harus dilaksanakan di sini bisa dimana saja yang penting ada sertifikat vaksin pertama" kata Dewan Penasihat Dakwah Indonesia (LDII) Kabupaten Bandung Utsman.

"Program vaksin merupakan program pemerintah namun secara keberpihakan vaksin merupakan keperluan seluruh rakyat Indonesia. LDII sebagai lembaga dakwah memiliki kewajiban moral untuk membantu mensukseskan program ini sehingga LDII bekerja sama dengan pemerintah Desa Cinunuk melaksanakan kegiatan vaksin pada hari ini", tambahnya.

Dalam teknis pelaksanaannya Gebyar Vaksin Covid-19 ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang WIB dan disesuaikan dengan kuota vaksin tersebut.

Adapun teknis pelaksanaannya masyarakat atau peserta hadir dan melakukan pendaftaran, selanjutnya melakukan tes kesehatan atau screening untuk memenuhi persyaratan kondisi tubuh yang diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin, kemudian peserta menunggu untuk penyuntikan dosis vaksin, lalu proses vaksinasi dan terakhir peserta mengambil print out sertifikat vaksin.

Jenis vaksin yang digunakan dalam Gebyar Vaksin Covid-19 adalah jenis Pfizer yakni vaksin yang memiliki 2 dosis untuk penyempurnaanya.

Panitia Gebyar Vaksin Covid-19 terdiri dari segenap pemerintahan Desa Cinunuk, Tim medis dari dinas kabupaten kesehatan Bandung, puskesmas Cinunuk dan karang taruna setempat.

"Masyarakat benar-benar memiliki imun yang kuat dan sehat. Meskipun telah vaksin, protokol kesehatan tetap diterapkan. Karena tahapan-tahapan tersebutlah yang telah kita prediksi penyebab dari adanya virus" ujarnya.


Reporter: Alvina Widad, Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023