Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meski Pandemi, Jama’ah Jumat Masjid Darul Fikri Lampaui Kapasitas

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T14:08:34Z

Masih Dalam Masa Pandemi, Jama'ah tetap Melebihi Kapasitas Masjid Darul Fikri Saat Sholat Jum'at
Jum'at, 24 September 2021 11.30 WIB

DAKWAHPOS.COM, BANDUNG – Meskipun Masih Berada di tengah covid – 19 Pelaksanaan Sholat Jum'at di Masjid Darul Fikri tidak mengurangi antusias masyarakat di sekitar. Banyaknya masyarakat yang berdatangan melaksanakan ibadah bahkan melebihi kapasitas masjid sehingga ada beberapa jama'ah yang harus sholat dipinggir jalan barisan jamaah pun tumpah hingga keluar masjid. Tetapi fenomena sosial ini sama sekali tidak membuat kemacetan ataupun mengganggu pengguna jalan karena para jama'ah mengatur shaf sholat dengan tertib. Sebagian besar jamaah terlihat patuh mengenakan masker dan mambawa sajadah masing masing shaf para jamaah satu sama lainnya sudah di beri jarak sekitar 30 cm di dalam masjid namun jamaah yang berada di luar masjid susah menerapkan jaga jarak antar shaf.

Sebelum ceramah di mulai Dewan Kemakmuran Masjid Ustadz Ahmad Mansur S.Pd.i naik ke atas mimbar memperingatkan para jama'ah yang baru masuk ke dalam masjid agar menjaga jarak antar shaf dan memperingatkan agar para jamaah yang tengah sakit untuk tidak hadir ikut sholat."Diharapkan kepada seluruh jema'ah agar mematuhi protokol kesehatan, kalau dirinya sakit dan divonis mengidam penyakit dapat menularkan, saya harap untuk tidak hadir di masjid ini dan kita semua mudah mudahan dengan niat baik insallah kita melaksanakan ibadah dengan keadaan yang sehat" Ustadz Ahmad Mansur S.Pd.i. (Jum'at 24/09/2021)

Khutbah pada hari ini disampaikan oleh Ustadz Abdul Kholil, M.Ag. dengan tema "Takwa Kepada Allah SWT". Jama'ah terlihat begitu serius memperhatikan isi khutbah yang disampaikan oleh penceramah. Dalam khutbah Ustadz Abdul Kholil,M.Ag menyampaikan bahwa "Kita sebagai umat manusia harus senantiasa melaksanakan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat nabi, salah satu contohnya adalah Nabi Sulaiman diriwayatkan dalam keterangan ulama bahwa Nabi Sulaiman memiliki 20 ribu kuda, kuda-kuda tersebut sangat elok dan kuat membawa beban berat, hingga suatu hari nabi Sulaiman terlalaikan dengan kesenangannya dalam memelihara kuda, beliau merawat dan memandangi kudanya hingga petang tiba, padahal ketika itu Nabi Sulaiman belum menunaikan sholat ashar. Karena kelalaiannya tersebut sampai meninggalkan kewajiban kepada Allah akhirnya nabi sulaiman memerintahkan untuk menyemblih ribuan ekor kuda itu karena tidak ingin terlalaikan" (Jum'at 24/09/2021)

Setelah selesai melaksanakan sholat jumat berjamaah pihak masjid mengadakan pembagian makanan yang sebagian sumbangannya itu berasal dari masayarakat sekitar masjid dan juga masyarakatnya tidak segan-segan memberikan dana untuk perbaikan atau kemaslahatan masjid tersebut ustadz Ahmad Mansur mengatakan "Sebelum adanya pandemi atau covid 19 pembagian makananan di masjid ini ada 150 lebih kotak nasi tetapi saat pandemi seperti ini pembagian sembako berkurang manjadi 100 kotak kurang lebih oleh karena itu terkadang ada jamaah yg tidak kebagian makanan" seperti itulah tutur kata yang diutarakan oleh ustadz Ahmad Mansur kepada tim liputan Dakwahpos.com pada (Jum'at 24/09/2021)

Imam masjid Asep Sabrini mengatakan "Harapan saya mudah-mudahan kedepannya masjid Darul Fikri ini semakin bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan semoga amal ibadah yang dilakukan bersama-sama di masjid ini diterima oleh Allah SWT." (Jum'at 24/09/2021)

Red: Muhammad Raden Nur Naufal-KPI3C

×
Berita Terbaru Update