Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menjaga Keseimbangan Hubungan Dengan Allah Dan Manusia

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T12:39:21Z

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Jati Bandung mengadakan khutbah yang rutin dilaksanakan pada waktu jumatan, Jumat (18/06/2021). Pada kegiatan ini diisi oleh Ustadz Drs. KH. Asep Musthofa Kamal, M. Ag, dan khutbah beliau bertema hubungan kepada Allah dan manusia.

Dalam khutbah Jumat ini, beliau mengutip sebuah ayat yang berisi tentang kategori kebajikan yang patut dilakukan oleh seorang muslim.
"Isi ayat ini sesungguhnya ada tiga macam golongan, yang pertama orang yang membangun akidahnya dengan kuat, kemudian orang-orang yang beribadah, ibadah mahdhahnya dengan kuat dengan rajin, dan juga orang-orang yang baik dalam ibadah sosialnya". Ujar Ustadz Asep Musthofa Kamal.

Beliau pun melanjutkan, apabila kita menyimpulkan ayat ini bahwa seorang yang baik dalam melakukan ibadah kewajibannya dia telah menjalin hubungan vertikal antara dia dan Allah SWT., dan barangsiapa yang ibadah sosial baik, dia telah menjalin hubungan horizontal antara dia dan sesama manusia.

Akan tetapi, apabila kedua hubungan itu tidak dijaga atau salah satunya hilang maka, sesungguhnya yang akan terjadi adalah kehinaan dan kemunduran.
"Dalam konteksnya, pemimpin yang amanah, shiddiq, kuat akidah dan ibadah nya kepada Allah SWT, peduli terhadap sesama, mampu mensejahterakan rakyatnya, dan menepati janjinya apabila ia berjanji". Ucap Ustadz Asep Musthofa Kamal.

Maka dari itu, terlepas dari selesainya bulan suci Ramadhan, kita tetap harus menjaga ibadah kita kepada Allah SWT dan menjalin silaturahmi terhadap sesama. Seorang pemimpin juga harus meneladani sifat dan sikap Rasulullah SAW, seperti jujur, dapat dipercaya, amanah, dan menyampaikan segala sesuatu kepada rakyatnya.

Muhammad Rifqi Syahrul Fauzi
Mahasiswa KPI Semester 3

×
Berita Terbaru Update