Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mempersiapkan Diri Dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T12:40:51Z

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid Ikomah mengadakan kultum singkat (09/04/21) menjelang datangnya bulan ramadhan, kultumnya sendiri dipimpin oleh Ustadz Babay Suhaemi, M.Ag sekaligus dosen fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam kultum singkat itu Ustadz Babay menyatakan bahwa, hasil survei ditengah-tengah kehidupan masyarakat ada tiga tipikal umat ketika akan datangnya bulan suci ramadhan. Yaitu golongan umat yang senang dalam menyambut bulan ramadhan, yang kedua adalah golongan yang mendengar datangnya bulan ramadhan hanya biasa-biasa saja.

"Kemudian yang kedua ada tipikal umat yang akan datangnya bulan suci romadhon ini sering kita dengar di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Nah inilah tipe orang atau umat yang mempunyai perasaan seperti ini maka tidak akan mendapatkan rahmat ampunan Maghfirah dari Allah subhanahuwata'ala. Dia tidak merasa senang akan datangnya tamu agung ini padahal Allah menjanjikan di bulan suci romadhon ini adalah fasilitas yang luar biasa". Ujar Ustadz Babay selaku dosen jurusan manajemen

Kemudian dalam pemaparannya tipikal umat yang ketiga ialah golongan yang merasa terganggu akan datangnya bulan suci ramadhan. Golongan inilah yang tidak akan mendapatkan barokah dan nikmat dari bulan suci ramadhan. Kemudian dalam kesempatan itu Ustadz Babay mengajak umat untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan ramadhan.

"Apa yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci romadhon? kuncinya adalah menguatkan nilai-nilai keimanan. Imanlah yang akan menyambut Marhaban Ya Syahru romadhon dengan iman kita akan menggapai romadhon", ujarnya.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang Ustadz Babay Suhaemi mengajak umat agar banyak-banyak berhusnudzon kepada Allah Swt. Apalagi setelah adanya surat edaran yang mengizinkan untuk memakmurkan masjid, oleh karena itu umat harus banyak-banyak bersyukur. Beliau juga mengatakan tahun ini dapat melaksanakan shalat Idul Fitri berjama'ah tetapi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Apalagi sekarang kita bersyukur dengan adanya surat edaran yang membolehkan kita memakmurkan masjid untuk bulan suci ramadhan. Sekarang akan diadakan shalat Idul Fitri dengan pertimbangkan dan memperhatikan protokol kesehatan", ujarnya.

Dan dalam penutup kultumnya Ustadz Babay Suhaemi, M.Ag mengingatkan dan mengajak umat untuk memakmurkan masjid dibulan ramadhan, serta lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Dengan raji mengaji Al-Qur'an, shalat taraweh, infaq dan shodaqoh.

Reporter : Roby Firdaus, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update