Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaatkan Beragam Media untuk Melakukan Kebaikan

Senin, 25 Oktober 2021 | Oktober 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T23:34:48Z

Bandung, Dakwahpos.com.
 
Pada hari Selasa (10/9) masjid Ikomah Kembali mengadakan pengajian Online yaitu KAKIKU (Kajian Kitab Kuning) yang berjudul "Beragam Media untuk Kebaikan" yang dikutip dari Ktab Riyadushalihin, Hadits 129-145 dengan pemateri DR. H. Mujiyo Nurkholis, M. Ag.
Pada pertemuan kali ini akan menjelaskan bebrapa hadits mengenai berbagai jalan atau berbagai media yang bisa kita gunakan untuk berbuat kebaikan.
 
Dalam kitab tersebut dijelaskan pada hadits yang ke-11  bahwa dari Nabi SAW. bersabda,
ada seorang laki-laki yang mondar-mandir didalam  surga. Karena dia masuk surga dengan washilah memotong pohon atau tanaman berduri yang ia temui ditengah jalan karena telah mengganggu kenyamanan orang-orang muslim yang melewati jalan tersebut.

Kemudian pada hadits yang ke-16 beliau menjelaskan dari Abu Musa Al-'Asyari RA
dari Rasulullah SAW. bersabda : barang siapa yang melakukan sholat pada dua waktu yang dingin maka dia akan masuk surga.

"Yang dimaksud pada dua waktu ini adalah pada waktu ashar dan subuh,
apabila ashar dinginnya karena sengatan cahaya matahari sedangkan subuh dinginnya karena angin pada malam hari" penjelasan dari pemateri.

Pada hadits selanjutnya, hadits yang ke-17 ada hal menarik yang harus di catat yaitu dari Abu Musa RA beliau berkata :
Rasulullah SWA bersabda : ketika seorang hamba sakit atau bepergian maka akan dicatat baginya sepadan denga apa-apa yang ia ada melakukannya ketika menjadi orang mukim dalam keadaan sehat.
 
Intinya kita harus memiliki sikap istiqomah atau memiliki amalan yang rutin seperti kita melakukan shalat berjamaah dengan rutin  kemudian apabila kita memilki halangan untuk tidak bisa melakukannya maka akan dicatat mendapat pahala seperti orang yang berjamaah,
tetapi apabila kita melakukanya bolong-bolong maka tidak akan dicatat seperti orang berjamaah. "Termasuk ngaji malam rabu ini kalau kita ikut ngaji kemudian kita memilki halangan maka kita mendapatkan pahala" ucap pemateri.

Kemudian diakhir pertemuan moderator membuka sesi diskusi untuk memantapkan materi-materi yang telah dijelaskan sekaligus silaturahim antara jamaah dan pemateri untuk lebih erat hubungan antara pemateri dan para jamaah.
"Setiap yang Allah berikan pasti ada sisi positif dan negatif nya, sisi positifnya jadi tambah silaturahim walaupun lewat zoom ini sendiri menambah wawasan" ucap salah satu jamaah.

Ahmad Fahmi Latif Fadlillah,
Mahasiswa kelas KPI 3 A UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update