Ky. Hj. Shopian Menjadi Ustadz Favorite Di Masjid Darul Ma’arif

Bandung, Dakwahpos.com – Ky. Hj. Shopian Yahyah merupakan salah satu pendiri pondok pesantren Darul Ma'arif sehingga beliau dijadikan sebagai panutan bagi para santri dan jama'ah. Selain sebagai pendiri beliau pun sering berceramah di hari-hari yang sudah ditentukan. dan beliau juga menggunakan pendekatan yang dapat di terima oleh masyarakat sehingga setiap jadwal-nya ceramah beliau tidak pernah sepi.

Selain adanya masjid dan pesantren Darul Ma'arif pun memiliki yayasan mulai dari Paud, MI, MTS dan MA. Darul Ma'arif sudah banyak dikenal oleh daerah-daerah lain karena sang kyai yang menyebarkan nya dermawan.

Ky. Hj. Shopian Yahya selalu menyampaikan isi ceramah yang mudah di pahami oleh para jama'ah, karena beliau menyesuaikan dengan mayoritas jama'ah yang hadir di pengajian rutin. Pengajian rutin yang beliau hadiri setiap hari kamis siang yaitu pengajian ibu-ibu dan hari jum'at pagi untuk pengajian bapak-bapak.

 Pada pertemuan pengajian rutinan hari jum'at Ky. Hj. Shopian Yahya membahas tentang sifat-sifat manusia yang melalaikan perintah allah ketika sedang sukses dan tekun beribadah ketika kesusahan. Topik-topik yang biasa beliau sampaikan memang sesuai dengan kenyataan yang biasa dilakukan oleh banyak orang, sehingga orang-orang yang mendengarkan pun merasa di ingatkan.

Kesimpulan dari isi ceramah Ky. Hj. Shopian Yahya yaitu kita harus tetap taat dan tetap melaksanakan perintah allah. Di kondisi apa pun, ketika sukses kita harus tetap mengingat allah yang memberikan rezeki tersebut dan ketika susah pun kita mengingat allah yang akan memberikan jalan dari sebuah masalah.

 

Reporter : Natasya Ananda

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan KPI

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023