Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kultum Masjid Ikomah, Rindu bulan ramadhan yang penuh berkah

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T16:37:48Z

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara kultum masjid ikomah, Selasa (12 April 2021)

Kultum masjid ikomah merupakan kultum rutinan yang diadakan oleh masjid ikomah, kultum ini merupakan kultum episode ke 123 yang dimana kultum ini di isi oleh Ustadz Dr. H. Bukhari, M.Ag dengan mengangkat tema "Persiapan Ramadhan"

Dalam ceramahnya Ustadz Dr. H. Chaerul, SS., M.Ag menuturkan bahwa kita harus bergembira dengan kedatangan bulan suci Ramadhan.

"Orang-orang beriman 6 bulan sebelum bulan Ramadhan tiba, mereka Sudah berdoa Kepada Allah SWT agar bisa di pertemukan dengan bulan suci ramadhan", ujar Dosen jurusan sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Beliau melanjutkan ceramahnya menjelaskan keberkahan di bulan Ramadhan.

"Kenapa bulan Ramadhan itu sangat di rindukan, karena bulan ramadhan Ialah bulan yang di berkahi, seperti hal nya ka'bah, ka'bah itu tempat yang sederhana, tetapi kenapa semua orang rindu pada ka'bah adalah tempat yang sangat di berkahi, meskipun kita berangkat kesan dengan susah payah, ketika kita Sudah pulang, kita pasti merindukan Dan ingin lagi berangkat ke ka'bah",  ujar Dosen jurusan sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

"Dalam surat Al-imron ayat 96 dikatakan sesungguhnya rumah yang pertama kali dibangun berada di mekah yaitu ka'bah, tempat yang di berkati, maka wajar ka'bah Dan Ramadhan itu di rindu, yang salah itu kita, tidak rindu Kepada bulan ramadhan,maka kita harus banyak beristigfar", ungkapnya lebih lanjut

Akhir kultum beliau mengingatkan kita agar kita senantiasa mengingat ramadhan dengan ilmu.

"Kita harus mempersiapkan ramadhan ini salah satunya dengan ilmu, jangan menyepelekan ilmu, karena ilmu banyak manfaatnya, tanpa ilmu Maka Akan gagal" pungkasnya.

Reporter : Robbie Awalinda Hidayat, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update