Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ramadan Dan Menghilangkan Dendam

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T14:16:36Z

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara kultum masjid ikomah, Selasa (22 April 2021)

Kultum masjid ikomah merupakan kultum rutinan yang diadakan oleh masjid ikomah, kultum ini merupakan kultum episode ke 128. kultum ini di isi oleh Ustadz Dr. Utang Rosidin S.H., M.H dengan tema " Ramadan Dan Menghilangkan Dendam."

Dalam ceramahnya Ustad Dr. Utang Rosidin S.H., M.H membacakan terlebih dahulu surat Ali Imran ayat 133-134 yang berkaitan dengan perintah untuk memohon dan menyegerakan ampun kepada Allah SWT.

"Kita tahu tentunya Syahru Ramadan disebut dengan bulan yang penuh ampunan. Oleh karena itu ayat ini tentunya sering disampaikan untuk memotivasi kita agar kita semua menyegerakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan bersegeralah kalian untuk memohon ampunan untuk mendapatkan maghfiroh dari Allah subhanahuwata'ala. Di bulan Ramadan ini, tentunya kita berupaya untuk mendapatkan maghfiroh dari Allah SWT, " ujarnya.

Selanjutnya, beliau menjelaskan dalam ayat tersebut terdapat penjelasan mengenai kriteria al-muttaqin, yaitu kriteria orang-orang yang bertakwa yang tentunya juga tadi menjadi tujuan dan target di bulan Ramadan ini, sebagai efek dari ibadah yang di tunaikan di bulan Ramadan khususnya melaksanakan ibadah saum yang la'allakum tattaqun.

"Sebagaimana yang terdapat dalam surat Al- Baqarah Maka kalau kita melihat kriteria Taqwa yang diterjemahkan oleh Allah SWT dalam Quran Surah Ali Imron ayat 134, tentunya ada banyak Kriteria seorang taqwa. Salah satu kriteria taqwa yaitu orang yang mampu menahan hawa nafsunya", ungkapnya lebih lanjut.

Ustadz Utang menegaskan, bahwa yang dimaksud menahan nafsu itu adalah menahan dari godaan nafsu dari syahwat, nafsu dari makan dan minum dan lain sebagainya. 

Akhir kultum beliau mengingatkan kepada kita bahwa di surga itu damai tidak ada marah dan tidak ada dendam.

"Allah menjelaskan kepada ahli surga, Kami cabut di dalam hati mereka rasa dendam dengan persaudaraan, yang Allah jelaskan itu ahli surga, sehingga kita bisa melihat gambaran bahwa ahli surga itu damai tidak ada dendam," pungkasnya.

Reporter : Resti Septianingsih Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung



×
Berita Terbaru Update