Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kriteria Mukmin Hak

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T14:02:48Z

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Jami At-Thoyibah melaksanakan sholat jum'at seperti biasa. Pada hari Jum'at, (29/10/2021). Dimana kegiatan sholat jum'at ini jama'ahnya begitu antusias mengikuti sholat Jum'at dan mendengarkan isi ktuhbah dengan serius.

Ibadah jum'at kali ini berjalan dengan sangat lancar. Terlebih dengan cuaca yang sangat cerah dan mendukung dalam kegiatan sholat jum'ata kali ini. Sehingga para jama'ah sangat khusu mendengarkan isi khutbah.

Pada jum'at kali ini khotib memaparkan tema khutbah tentang "Kriteria Mukmin Hak". Khotib menuturkan bahwasannya "Pada surat Al-Anfal ayat 2-4 bagaimana pada ayat tersebut Allah berfirman menjelaskan mengenai kriteria mukmin hak"

Secara kesimpulan mukmin hak itu menjadi dua hal, pertama dalam hatinya dan yang kedua dalam dohirnya atau kata lain pertama dalam batinya dan yang kedua dalam jasmaninya. "secara batinya mukmin yang masuk ke hati dan 
jiwanya pengaruh karena Allah". Ujar khotib.

Khotib menambahkan "sehingga tidak ada pengaruh lain yang masuk ada dalam hati dan jiwanya pengaruh Allah. Maka tanamlah rasa takut dan rasa cinta kepada Allah." Dan dimana rasa takut dan cinta kepada Allah dibuktikan di ayat kedua pada surat Al-Anfal.

"satu apabila di ingatkan Alllah kepadannya baik itu pada sifatnya maupun diingatkan kepada Allah perintahnya atau laranganya atau janjinya atau juga ancamanya, maka bergetarlah hatinya. Yang kedua apabila di bacakan ayat-ayat Allah kepada mereka maka bertambahlah keimananya". Ujarnya

Karena pengaruh yang ada di dalam hatinya adalah pengaruh ayat Allah, hati dan jiwanya sudah terpengaruh dengan ayat Allah atau tanda-tanda kekuasaan Allah.  Dan khotib meneruskan "yang ketiga orang mukmin yang hak itu hatinya hanya bergantung diri bertawakal kepada Allah tidak kepada selain Allah. Itu mukmin hak secara batinya".

"mukmin hak secara dohirnya di ayat berikutnya Allah menjelaskan dan menafsirkan orang-orang yang selalu menegakan sholat yang lima waktu dalam artian mengerjakan sholat yang lima waktu tepat waktu dengan khusu dan mengaplikasikan makna-makna sholat ajaran-ajaran sholat di waktu luar sholat".  Ujarnya. Dalam artian fungsi sholat bener-bener di terapkan.

 "Yang kedua mukmin hak itu adalah dermawan siap mengorbankan hartanya di jalan Allah SWT menginfakan hartanya baik itu wajib ataupun sunnah. Itulah mukmin-mukmin yang benar-benar mukmin atau kata lain dalam Bahasa Al-Qur'an mukmin hak. Keuntungan mukmin yang hak adalah mereka mendapatkan derazat yang tinggi dari Allah, mendapatkan ampunan dan rezeki yang mulia". Ujarnya. Kemudian khutbah jum'at ditutup dengan memanjatkan doa bersama kepada Allah SWT.

Penulis : Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update