Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Khutbah Jum'at Di Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T05:43:10Z


Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali lagi mengadakan kegiatan rutinan kultum, Jum'at (18/06/2021). Kegiatan kultum kali ini diisi oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung Ustadz Babay Suhaemi, M.Ag ini mengangkat tema "3 Perkara Yang Sangat Dicintai Allah dan 3 Perkara Yang sangat Dibenci Allah"

"Menurut hadist yang bersumber dari Abu Hurairah r.a, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim No. 3236, Rosulullah SAW menjelaskan dan menegaskan ada tiga perkara yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan ada tiga perkara yang sangat dibenci oleh Allah SWT", ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini.

Ustadz Babay Suhaemi lebih lanjut menjelaskan tentang apa saja tiga perkara yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan apa saja tiga perkara yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

"Amalan atau perkara yang sangat dicintai oleh Allah SWT adalah yang pertama, sembahlah Allah, tauhidlah kepada Allah, istiqomahlah kepada Allah, menyembah dan beribadah hanya kepada Allah dan jangan mempersekutukan_Nya. Insyaallah ketika kita istiqomah konsisten selalu menyembah kepada Allah SWT dan selalu melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah kita sudah termasuk mengamalkan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT", ujarnya.

"Lalu yang kedua, berpegang teguhlah kepada ajaran Allah dalam artinya apa yaitu berpegang teguh kepada al-Qur'an dan as-Sunnah. Ketiga jangan bercerai berai, kita sebagai Muslim maka kita harus menjalin kekompakan kerukunan kebersamaan bahwa kita bagaikan satu tubuh ketika satu tubuh kita sakit maka yang lain tubuh kita akan merasa sakit. Oleh karena itu sebagai Muslim marilah kita menjalin kebersamaan kekompakan dan kerukunan ketika kita melaksanakan ini selalu kita bersatu serta selalu kompak, guyub dan rukun", ungkapnya lebih lanjut.

" Selanjutnya tiga amalan yang sangat dibenci oleh Allah SWT yang pertama yaitu selalu menjelaskan dan mengatakan hal yang tidak benar, nyebar hoax, menceritakan mengatakan yang tidak ada sumbernya apalagi di zaman sekarang ini selain lisan kita tangan kita melalui wa melalui handphone melalui medsos ketika kita menyebarkan segala sesuatu yang tidak ada sumbernya. Kemudian yang keduamterlalu banyak bertanya, ini ketika kita melaksanakan amalan selalu banyak bertanya yang yang sudah jelas pertanyaan-pertanyaan yang tidak penting kemudian kita tanyakan maka itupun termasuk amalan yang sangat dibenci oleh Allah SWT jangan kita terlalu banyak bertanya kepada hal-hal yang sudah jelas tetapi jika pertanyaan-pertanyaan itu berkait dengan pendidikan maka itu sangat dianjurkan", ujarnya.

"Kemudian yang terakhir amalan yang sangat dibenci oleh Allah SWT yaitu menyia-nyiakan harta, harta adalah titipan dari Allah SWT baik itu berbentuk real seperti pulus, rumah, kendaraan tetapi juga yang termasuk harta adalah kesehatan. Ini semua adalah titipan dari Allah SWT ketika kita melaksanakan harta sebagai titipan dari Allah baik fisik maupun psikis kemudian dilaksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mengabdi kepada Allah SWT maka kita sudah termasuk hamba-hamba Allah yang mengamalkan amanah. Tetapi ketika kita menyia-nyiakan harta kita, menyia-nyiakan fisik kita, menyia-nyiakan psikis kita, tidak selalu beribadah kepada Allah maka kita termasuk melaksanakan amalan yang sangat dibenci oleh Allah SWT", pungkasnya.

Semoga kita semua sebagai muslim selalu senantiasa didekatkan dari tiga perkara yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan dijauhkan dari tiga perkara yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Amiin yarobbal aalamiin.

 

Reporter : Muhammad Ramadhani

Mahasiswa KPI-3C Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update