Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Khusyu

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T16:39:13Z

 

Bandung, dakwahpos.com  – Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara kultum masjid ikomah, Kamis (21/11/2021) . Kegiatan yang diisi dengan ceramah  Ustadz Abdul Aziz Ma'arif , M.Si ini mengangkat tema "Khusyu."

Dalam ceramahnya Ustadz Abdul Aziz Ma'arif mengungkapkan bahwa hidup di dunia ini kita tidak bisa hidup sendirian kita membutuhkan pertolongan khususnya pertolongan dari Allah SWT apalagi pada saat kita terkena masalah.

Bagaimana caranya?, Allah sudah tuntunkan caranya dalam QS.Al-baqarah ayat 45-46 yang artinya Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."

Dan terdapat 2 cara untuk mendapatkan pertolongan tersebut yaitu  satu dengan Sholat, Sholat yang wajib maupun yang sunnah dan yang kedua yaitu dengan sabar, sabar yaitu sikap yang tidak lemah, semangat, dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan Allah.

Maka jadikan lah solat dan sabar itu sebagai penolongmu tetapi kedua hal tersebut sungguh sangat lah berat seperti yang dijelaskan dalam QS Al-Baqarah ayat 45-46 kecuali untuk orang yang khusyu.

Ustadz Abdul Aziz Ma'arif lebih lanjut menjelaskan tentang khusyu. Khusyu adalah orang yang yakin bahwa dirinya akan bertemu Allah SWT dan yakin kita akan kembali kepada Allah SWT dan amal kita akan di pertanggung jawab kan.

Contoh jika kita besok sudah di jatuhi hukuman mati oleh pengadilan maka hari ini solat kita akan khusyu merasa bahwa hari ini adalah solat yang terakhir dan setelah solat hari ini besok saya akan mati,besok saya akan di panggil oleh Allah SWT, dan amal perbuatan kita akan di pertanggung jawabkan.

Kata para ulama khusyu itu ada 3 khusyu qobla Salat,khusyu ing'da salat, khusyu ba'da salat. Khusyu qobla salat yaitu berwudhu dengan benar sebelum salat, Khusyu ing'da salat Yaitu merasa salat kita adalah salat yang paling akhir, Khusyu Ba'da salat yaitu solat bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Jadikan lah Allah sebagai penolongmu dengan selalu melakukan ibadah solat yang wajib maupun yang sunah dan selalu bersabar ketika mendapat kan ujian dari Allah walaupun kedua hal tersebut merupakan hal yang amat sulit akan tetapi yakin lah bahwa kits mampu menjadi orang yang khusyu

×
Berita Terbaru Update