Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KH. Bukhori Ingatkan Jamaah Untuk Berhati-hati dengan Rezeki

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T05:48:53Z

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kultum rutin ba'da dzuhur, Rabu (03/10/2021). Kegiatan yang diisi oleh Drs. H. Bukhori. SS., M.Ag ini mengangkat tema "Hati-Hati dengan Empat Rezeki."

Dalam ceramahnya KH. Bukhori mengungkapkan tentang empat hal yang akan diminta pertanggung jawabannya oleh Allah SWT.

KH. Bukhori mengungkapkan dalam kultum kali ini untuk mengingatkan bahwa empat hal ini diperuntukan agar kita dapat memahami dan kita dapat mengamalkan dengan sebenar-benarnya.

KH. Bukhori menyampaikan hal yang pertama yaitu mengenai umur. Sejak kita memasuki usia baligh dipakai untuk apa saja umur kita selama di dunia. Beliau juga mengingatkan kepada kita untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya dan tidak menyia-nyiakannya.

"walaupun waktu itu gratis, apabila sudah kita pergunakan, waktu itu tidak akan bisa kembali lagi, yang ada hanya pertanggung jawaban. Gunakan waktu sebaik-baiknya, jangan kita sia-siakan waktu yang sudah diberikan oleh Allah SWT kepada kita selama di dunia." Ujar Penceramah yang sering tampil di youtube APTIKOM TV ini.

Lebih lanjut KH. Bukhori menjelaskan hal yang kedua berkaitan dengan ilmu. Selama di dunia, setiap orang yang berilmu harus mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Beliau juga mengingatkan bahwa sebagai seorang mahasiswa, perlu mengamalkan ilmunya dengan ikhlas karena Allah SWT. KH. Bukhori mengutip kitab karya Ibnu Ruslan "seorang ulama yang tidak megamalkan ilmunya maka ia akan disiksa lebih dahulu daripada penyembah berhala."

Dalam hal yang ketiga ini KH. Bukhori menjelaskan tentang harta. Beliau mengingatkan kepada yang sudah bekerja dan sudah mendapatkan gaji agar tidak langsung percaya dan perlu adanya kejelasan, karena gaji yang diterima akan diberikan kepada anak dan istri.

"terutama kita-kita yang sudah bekerja mendapatkan uang, mendapatkan honor, jangan yang penting tanda tangan, karena harta yang kita peroleh akan diberikan kepada anak istri" Ujarnya.
Beliau menambahkan dalam urusan harta ini kita dua kali ditanya oleh allah SWT, yaitu darimana kita memperoleh harta dan setelah diperoleh bagaimana kita menggunakan harta itu.

Dan hal yang terakhir KH.Bukhori menjelaskan mengenai jasad. Ketika kita sudah berada di akhirat nanti Allah SWT akan menanyakan badan yang sehat selama di dunia ini dipakai untuk apa saja.

"dan kita juga akan ditanya tentang jasad kita, badan kita yang kuat dan ganteng-ganteng kemudian nanti akan jadi abla jadi lusuh kusam kemudian jadi rusak" Ungkap KH. Bukhori.

Reporter: Trian Bagaskara KPI 3D
Mahasiswa UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update