Keutamaan Orang yang Bertakwa

Dakwahpos.com, Bandung-Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung adakan kegiatan rutin KAKIKU (Kajian Kitab Kuning) setiap ba'da isya (13/7/2021) yang di isi oleh narasumber Dr. H. Mujiyo Nurkholis, M.Ag yang membahas "Bab Mujahadah" dalam kitab Riyadus Shalihin.

Dalam bab ini beliau menjelaskan tentang keutamaan orang yang bertakwa, karena secara syariatnya ke neraka itu lebih mudah, hanya orang yang bertakwa lah yang dapat masuk ke surga-Nya. "Rasul mengajarkan kepada kita agar hati-hati kepada rayuan neraka, maksudnya adalah Rasul menjelaskan demikian karena meraih surga lebih sulit dari meraih neraka". Ujar Dr. H. Mujiyo Nurkholis, M.Ag 

Kemudian beliau juga menjelaskan tentang Ahli Suffah, yaitu para sahabat yang tinggal di emper masjid Madinah atau masjid Nabawi di awal keislaman, artinya mereka belajar agama dengan tinggal di emper masjid Nabawi. diantara mereka yg terkenal yaitu Rabi'ah bin Ka'ab Al Aslami atau panggilan nya Abi Firos.

Rabi'ah bin Ka'ab merupakan sosok yang rendah hati, suatu ketika beliau membawakan air untuk Rasulullah saw. bersuci, lalu kemudian Rasulullah bersabda: "mintalah kepadaku", lalu beliau menjawab "saya hanya ingin menjadi pelayan bersama mu di surga" maka Rasulullah bersabda "apakah ada yg lain?" beliau berkata "tidak ya Rasulullah". maka Rasulullah bersabda " maka bantulah aku untuk dirimu, dengan memperbanyak sujud". Karena dengan bersujud akan mempermudah Rasulullah dalam menolong Rabi'ah bin Ka'ab.

Rasulullah di beri syafaat oleh Allah tetapi beliau akan memberikan syafaatnya hanya kepada orang yang layak mendapatkannya, yaitu kepada orang yang gemar bershalawat. yang di maksud syafaat yaitu permintaan nabi kepada Allah SWT. Rasulullah memohon kepada Allah untuk menyelamatkan hambanya dengan berbagi kesempatan.

Dalam hadis ke 12 ini intinya, Rasulullah saw. Menganjurkan kepada Rabi'ah bin Ka'ab kalau memang beliau benar-benar bisa menemani Rasulullah di surga maka Rasulullah memotivasi nya dengan banyak bersujud. Banyak sujud berarti banyak sholat. Rasulullah tidak pernah mencontohkan asal sujud saja, namun beliau mengajarkan sujud tilawah dan sujud syukur.

Karena jika melakukan sujud sekali saja maka Allah akan meninggikan derajat mu dihadapan Allah SWT. dengan demikian kita dianjurkan untuk selalu meninggikan derajat dihadapan Allah dan rendah di hadapan manusia. Karena sesungguhnya surga hanya untuk orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.


Reporter : Afriani Awaliyah
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023