Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keistimewaan Bulan Sya'ban

Selasa, 26 Oktober 2021 | Oktober 26, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-26T02:21:23Z
Bandung,dakwahpos – DKM Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Kultum Masjid Iqomah . Kegiatan yang diisi dengan ceramah pada saat bulan Sya'ban yang diisi oleh  Ustadz Dr. Cecep Anwar, M.Ag ini mengangkat tema "Keutamaan Bulan Sya'ban "
Dalam kultum masjid Iqomah pada saat itu membahas tentang keutamaan dan keistimewaan yang dijelaskan dalam salah satu kitab.
Di dalam berita ini saya akan menambahkan sedikit tentang penjelasan atau pengertian bulan Sya'ban karna mungkin banyak beberapa yang belum terlalu faham tentang ap aitu bulan Sya'ban.
Bulan sya'ban adalah bulan dimana amal-amal perbuatan manusia diangkat ke hadirat Tuhan penguasa alam. Allah swt mengawasi hamba-hamba-Nya, mengampuni mereka yang memohon ampunan, mencurahkan kasih sayang bagi mereka yang mengharapkannya dan menyingkirkan hamba-hamba-Nya yang bersifat pedengki. Sya'ban adalah bulan kedepan dalam penanggalan Hijriah. Keistimewaan ini terletsk pada pertengahannya yang biasanya disebut sebagai Nisyfu Sya'ban. Sya'ban atau tanggal 15 Sya'ban.
Dalam kitab durotun nasihin ada sebuah Riwayat yahya bin muadz berkata :" pada kata syaban ada 5 huruf yu'tobihi a'tiyatan lil mukminin dimana dengan kelima huruf ini orang mukmin diberikan anugerah besar, diberikan kebaikan yang hebat oleh Allah SWT jadi mungkin semacam analisis semantic terhadap makna sya'ban .Huruf pertama pada kata sya'ban ada huruf syin bissyini dengan huruf syin yaitu orang mukmin yang memuliakan bulan sya'ban akan mendapatkan kemuliaan dan syafa'at dari Allah SWT. Yang kedua a'in (wabilaini al izzu) dengan a'in akan diberikan keagungan kemuliaan kehebatan. Yang ketiga ba yaitu albirru atau kebaikan2 dri allah yang kebaikan itu banyak ragamnya .Yang keempat alif maksudnya ketenangan dari allah swt. Yang terakhir huruf nun yaitu annuur jadi maksudnya yang menjalankan sunnah2 dibulan sya'ban hidupnya akan bercahaya"
Dari pengertian diatas banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita terapkan dalam bulan sya'ban . Ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah RA. "aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa selama sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan . Dan aku tidak pernah melihat beliau banyak melakukan puasa di luar Ramadhan kesuali pada bulan Sya'ban. " (HR Muttafaq 'alaih) .
Ternyata Rsulullah saw. mencontohkan banyak amalan. Salah satu diantaranya adalah memperbanyak puasa sunnah, sedekah dan membaca Al Quran. Pada bulan Sya'ban juga terdapat peristiwa sejarah yang tidak bisa dilupakan oleh umat islam, yaitu pindahnya kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram.
Pada bulan ini juga turun ayat tentang anjuran membaca shalawat. Allah berfirmah, "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab;56)
Salah satu keistimewaan bulan Sya'ban adalan diangkatnya amal-amal manusia pada bulan ini ke langit. Ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh An Nasai yang mengatakan bahwa "Inilah bulan yag di dalamnya amal perbuatan manusia diangkat kepada Rabb semesta alam.
×
Berita Terbaru Update