Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kegiatan Jumat Berkah, Akan Jadi Program Mingguan Warga Kavling Lama

Jumat, 15 Oktober 2021 | Oktober 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-15T15:27:51Z

 

Kegiatan Jumat Berkah, Akan Jadi Program Mingguan Warga Kavling Lama

BATAM-  Ratusan nasi kotak disalurkan ke masjid dalam kegiatan jumat berkah, Jumat siang (15/10/2021). Warga membagikan nasi kotak kepada jamaah salat jumat di kavling lama, sagulung kota. Warga percaya bahwa hari jumat merupakan hari yang berkah. Maka dari itu,  warga senantiasa bersedekah dengan membagikan nasi kotak kepada jamaah usai melaksanakan ibadah fardu ain.

Awalnya, kegiatan jumat berkah ini merupakan kegiatan sukarela, bukan program dari desa. Jadi siapa saja yang mau bersedekah. Akan tetapi, setelah meninjau kembali, Warga kavling lama RT 06 berinisiatif mengadakan kegiatan jumat berkah. "Bagaimana kalau kita adakan kegiatan jumat berkah bersama-sama". Ucap Nurkholis, salah satu warga RT 06.

Sebelumnya kegiatan jumat berkah ini  akan dilakukan dengan membayar iuran dua puluh ribu setiap minggunya untuk membeli bahan makanan yang akan dimasak. Namun, karna melihat kondisi seperti ini tidak memungkinkan warga untuk masak secara bersama-sama.  Menurut Ketua Majlis RT 06 yaitu Ibu Juriyah "Begini saja, jadi setiap rumah minimal membuat 5 nasi kotak sesuai jadwalnya, setelah semuanya terkumpul, maka barulah diantarkan ke mesjid utuk dibagikan", ujarnya.

Sementara itu warga kavling lama sangat antusias terhadap adanya kegiatan jumat berkah ini, meraka senang karna bisa membagikan sedikit rizkinya kepada orang lain. Target lokasi yang dituju yaitu Masjid Darussalam. Karna masjid itulah yang paling dekat. Selanjutnya, jika ada rizki yang lebih warga RT 06 ingin berbagi ke masjid yang lain dan panti asuhan.

Selain untuk mendapatkan keberkahan dan kepedulian bersama, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas warga untuk tetap menjaga keharmonisannya. "Semoga kegiatan jumat berkah ini bisa menjadi kegiatan rutinitas kita untuk kedepannya". Kata Juariyah, Ketua Majlis RT 06.

Isna Fitriani, Mahasiswa UIN Bandung.

×
Berita Terbaru Update