Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadikan Aktifitas Kita Sebagai Ibadah

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T15:21:17Z

Dakwahpos.com,Bandung - DKM At-Taqwa tetap mengadakan kajian ibu-ibu, Rabu (27/10/2021). Kajian kali ini disampaikan oleh Ustadz Yayat Supriatna, S.Ag.,M.Pd.I dengan judul "Jadikan Aktifitas Kita Sebagai Ibadah".

"Komitmen untuk melaksanakan tugas hidup yakni untuk beribadah kepada Allah adalah merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim, sesuai dengan tujuan penciptaan kita hidup di alam dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Ibadah tidak hanya terbatas dengan Ibadah ritual formal saja seperti hal nya Shalat, Shaum, melainkan semua aktifitas kita harus berorientasi dan bernilai ibadah disisi Allah SWT. Supaya aktifitas kita bernilai di sisi Allah maka ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu :
1. Dasarilah aktifitas itu dengan niat Lillaahi Ta'ala untuk beribadah kepada Allah dan hanya menghadapkan ridho dan pahala-Nya semata.
2. Mengikuti tuntunan Syar'i yaitu tuntunan Allah dan Rasul-Nya".

Dari Ucapan Al-Ustadz, mengingat kembali tujuan kita diciptkan didunia ini, yaitu untuk beribadah hanya kepada Allah. Kemudian dapat diambil pelajarannya bahwa ibadah itu luas, tidak terbatas dengan Ibadah formal saja seperti Shalat , Shaum, Haji, dan lain sebagainya. Sebelum makan kita berdoa itu ibadah, membuang sampah pada tempatnya terhitung ibadah, bahkan hanya tersenyum pada saudara kita pun itu sudah bernilai ibadah, Subhanallah. Namun, ada yang harus kita garis bawahi bahwa ada syarat yang harus kita penuhi supaya aktifitas kita bernilai ibadah disisi Allah. Tapi, lantas kenapa kita harus menjadikan segala aktifitas sebagai ibadah kepada Allah ?

Kemudian Beliau melanjutkan dakwahnya, "mengapa kita harus menjadikan segala aktifitas kita sebagai ibadah kepada Allah?
1. Karena hal itu diperintah oleh Allah, sebagaimana dalam QS.Ad-Dzariyat (51):56)
"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku".
2. Supaya kita mendapat limpahan pahala dari Allah SWT
3. Supaya kita tidak menyesal dikemudian hari
4. Agar kita mendapat kebahagiaan yang hakiki dalam hidup di dunia dan di akhirat dengan kenikmatan Syurga

MaasyaaAllah, kajian beliau sangat benar-benar mengingatkan kita akan berharganya waktu. Aktifitas yang seharusnya kita jadikan ibadah tanpa kita sadari kadang kita gunakan hal yang tidak bermanfaat. Namun sekarang karena kita telah mengetahui mengapa kita harus menjadikan segala aktifitas kita sebagai ibadah, jadi mari bersama-sama kita perbaiki, agar kita mendapatkan balasan yang berlipat dari Allah

Reporter : Diva Annisa
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update