Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ikhtiar Hadapi Wabah Covid-19

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:45:54Z

Dakwahpos.com, Bandung – Kegiatan pengajian bapak-bapak di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat telah berjalan kembali dengan jama'ah yang tampak begitu antusias mengikuti pengajian dan menyimak materi dengan begitu serius.
 Pengajian diadakan pada Kamis sore (21/10/2021) dan diisi oleh Bapak H. Furqan S.Ag M.Pd.I, beliau menyampaikan materi "Ikhtiar Kita Dalam Menghadapi Wabah Covid-19".

Allah Swt. Telah banyak mengisahkan di dalam kitab suci Al-Qur'an tentang kisah-kisah umat terdahulu tentang penyakit penyakit yang terjadi. Kita sebagai umat akhir zaman hanya perlu membaca dan memahami kisah tersebut agar kita dapat mengambil pelajaran dari orang-orang terdahulu. Allah sangat menjaga kemurnian Al-Qur'an yang mana tidak akan pernah ada orang yang bisa menambah atau mengurangi isi di dalamnya.

Dalam pengajian ini H. Furqan S.Ag M.Pd.I mengawali dengan mengingatkan kepada jamaah agar senantiasa berikhtiar dan dapat mengambil pelajaran dari ayat al-qur'an surat Asy-Syuara ayat 80 "Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit kepada hambanya, kecuali ada obatnya" Pungkasnya.

Kemudian beliau bercerita bahwasannya beliau ini pernah mengalami penyakit covid-19 pada pertengahan bulan Januari yang lalu, seluruh syarat dan rukun terindikasinya covid ada pada beliau. Mulai dari demam yang tinggi, batuk-batuk, dan juga yang lainnya.
Agar bisa terhindar dari penyakit covid-19 ini sudah didengungkan sejak satu tahun yang lalu. Tapi tetap kita harus menggantungkan diri kita kepada Allah Swt  supaya balance, وَاِذَا مَرِضۡتُ فَهُوَ يَشۡفِيۡنِ  setiap penyakit pasti, ketika ada penyakit maka Allah juga hakikat yang menyembuhkannya. "Maka kita datangi dzat yang maha menyembuhkan yakni Allah Swt dengan terus menerus melakukan ibadah kepada Allah Swt" Ujar beliau.
H. Furqan S.Ag M.Pd.I juga menyebutkan bahwa kita harus tetap melaksanakan ibadah kepada Allah Swt lima kali dalam sehari dengan bersih, dengan mencuci tangan, pakai masker, hand sanitizer, dan bahkan menyemprotkan disinfektan kepada tempat ibadah kita untuk keamanan dan kenyamanan jamaah sekalian supaya terhindar dari wabah ini.
Oleh karena itu "kita harus tetap ber ikhtiar, tenaga dan pikiran kita harus dimaksimalkan dengan tetap menggantungkan diri kita yang hanya mencari dan mengharapkan ridha Allah Swt" Pungkasnya.
Reporter : Muhammad Rafli Ashar
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update