Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ibarat Satu Tubuh Umat Muslim Itu Bersaudara

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T14:12:20Z

Dakwahpos.com, Siantar. SDKM Al-Ikhlas Perumnas batu anam mengadakan pengajian rutin, Rabu (27/10/2021). Kegiatan diawali dengan shalat maghrib berjamaah kemudian dilanjutkan dengan pengajian rutin yang disampaikan oleh ustadz Zainal Abidin. Beliau merupakan guru di salah satu pondok pesantren salafi di Siantar.

 

Rasulullah SAW mengibaratkan sesama muslim itu adalah ibarat satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka anggota tubuh lainnya akan merasakan sakit juga. Seharusnya seperti itulah persaudaraan sesama muslim, ibarat satu tubuh yang saling merasakan, senasib dan sepenanggungan.

 

Salah satu ajaran Islam yang mendatangkan keridhoan Allah adalah menebarkan kasih sayang. Nabi pernah bersabda diriwayatkan Imam Abu Dawud, "Sayangilah penduduk bumi, niscaya engkau akan disayangi oleh penghuni langit (para Malaikat)."

 

Ustadz Zainal Abidin mengatakan sesama muslim itu bersaudara karena adanya ikatan keimanan yang kuat kepada Allah dan Rasul-Nya. Menurutnya  manusia sesama muslim itu bersaudara. Maka dari itu harus bersatu, kuat, dan tegas.

 

"Karena itu, sesama muslim haram darah, harta dan kehormatannya. "Haram darahnya maksudnya sesama muslim diharamkan saling menumpahkan darah. Haram hartanya maksudnya sesama muslim diharamkan saling mengambil hak dan harta saudaranya. Dan haram kehormatannya artinya sesama muslim diharamkan mencederai kehormatannya, seperti menuduh, menfitnah, dan sebagianya," jelasnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menekankan pentingnya menjaga persaudaraan terutama bagi sesama muslim. Persaudaraan ini hanya bisa diwujudkan jika sesama muslim saling menyayangi dan mengasihi.

 

Allah berfirman dalam surah Ali-Imran ayat 110 yang artinya "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah". Beliau mengajak kita untuk senantiasa bersyukur karena beruntung menjadi seorang muslim, karena Allah mengistimewakan umat muslim dari umat lainnya.

 

Reporter : Hindun Suaidah Dini Nasution

Mahasiswa : KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Sent from Mail for Windows

 

×
Berita Terbaru Update