Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hikmah Peringati Kelahiran Insan Termulia

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T12:13:26Z

Dakwahpos.com, bandung – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Barokah mengadakan tabligh akbar pada tanggal 30 oktober 2021 untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad Saw, dengan penceramah ustadz yusuf  yang membahas tentang "Hikmah Memperingati Bulan Kelahiran Insan Termulia".

Ustadz yusuf  mengataakan walaupun acara seperti ini untuk mengagungkan kelahiran Nabi Muhammad Saw, tetapi tidak sedikit orang yang berbeda pendapat. Ada yang membolehkan ada juga yang malarang bahkan ada yang menyebutkan bahwa ini adalah Bid'ah. Padahal pada tujanya itu sama, yaitu untuk meraih ridha Allah.

Dalam rangka memperingati kelahiran insan termulia ini di dalamnya kita akan mendapatkan beberapa hikmah yang pertama yaitu ilmu yang bermanfaat. Dalam mencari ilmu ada dua golongan orang yang mendapat pahala, golongan orang yang pertama yaitu hanya mendapatkan pahala mencari ilmunya saja, kemudian golongan orang yang kedua yaitu mendapatkan pahala dan mendapatkan ilmu yang bermamfaat. Kata ustadz yusuf dalam memaparkan ceramahnya, sabtu (30/10/2021).

"Karena tidak semua orang yang mencari ilmu itu mendapatkan ilmu yang bermamfaat. Ciri orang yang mendapatkan ilmu yang bermamfaat itu Ketika kita sudah mencari ilmu / pengajian akan semakin bertambah keimanan kita, dan semakin bertambah rasa takut kita kita kepada Allah", ungkapnya lebih lanjut.

Kemudian beliau menjelaskan hikmah memperingati kelahiran insan termulia yang kedua yaitu mempererat tali silaturahmi. Mengapa bisa mempererat tali silaturahmi ? karena dalam rangka seperti ini kita bisa bertemu dengan banyak orang, kita bisa bercengkrama dengan banyak orang. karena saking semangatnya menyambut kelahiranya insan termulia, orang berbondong-bondong berangkat pengajian, bahkan yang tadinya tidak suka ikut pengajian sekarang jadi ikut pengajian,

Ustadz yusuf mengatakan bahwa ilmu itu adalah kuncinya kebaikan dan kucinya amal kita semua, karena sebaga yang kita lakukan itu harus dengan ilmunya. Semua ibadah yang kita lakukan dalam kehidupan kit aitu juga harus dengan ilmunya kalau tidak tahu ilmunya bagaimana ibadah kitab isa berjalan dengan baik, maka dari itu mencari ilmu itu sangalah penting.

Pada akhir ceramahnya ustadz yusuf mengatakan bahwasanya Ketika kita sudah memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, kita harus bisa memperbaiki diri dan meningkatkan lagi keimanan kita dengan mencontoh kepada nabi sebagai suri tauladan umat islam.

Reporter : Sri Pujianti Nurohmah

Mahasiswi KPI 3D

UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update