Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T14:10:20Z


Dakwahpos.com, Bekasi - Masjid Agung Al-Ajhariyyah Ceger Bekasi kembali lagi menyelenggarakan shalat jum'at berjamaah, Jum'at (10/07/2020). Khutbah kali ini diisi oleh Syekh DR. Rohimuddin Nawawi. Dalam khutbahnya, Syekh Rohimudin mengupas tentang "Hikmah dari Isra Miraj Nabi Muhammad Saw".

"Mustahil kita dapat mengikuti Isra Miraj Nabi Muhammad karena memang Isra Miraj bukan untuk diikuti, melainkan untuk diambil hikmahnya," kata Syekh Rohimuddin.

Alumni Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir ini menjelaskan, di antara hikmah Isra Miraj yang bisa dipetik bagi kehidupan umat Islam adalah kewajiban untuk mensucikan hati. Nabi Muhammad SAW selalu disucikan hatinya oleh Allah SWT sebab untuk berjumpa dengan Allah, hati atau dada seseorang mesti suci dari penyakit batin.

"Begitu juga seharusnya kita sebagai umat Nabi Muhammad jika ingin berjumpa Allah di syurga_Nya bukan hanya harus suci jasmani, tetapi mesti suci hati atau suci ruhani kita," ujar cucu dari KH. Djahari ini.

"Salah satu solusi bagi seseorang untuk mensucikan hati dari segala penyakit hati adalah tasawuf. Untuk mempelajari cabang ilmu tersebut, seseorang harus berguru kepada ahli yang memenuhi syarat yang wajib yaitu sanad keguruannya  tersambung hingga ke Rasulullah SAW dan diakui oleh para ulama ahlussunnah wal jamaa ," pungkasnya.

Syekh DR. Rohimuddin telah mengarang 10 kitab tentang ilmu tasawuf  yang fokus pada thariqoh. Dia adalah penganut Thariqoh Syadziliyyah yang mengajarkan ilmu tasawuf di Indonesia dan Malaysia.


Reporter : Muhammad Ramadhani

Mahasiswa KPI-3C Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update