Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hak dan Kewajiban Orang Tua pada Anaknya

Jumat, 29 Oktober 2021 | Oktober 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-29T14:11:53Z

Dakwahpos.com, Bekasi- Khutbah jumat tentu menjadi hal yang wajib dilakukan setiap kegiatan shalat jumat, di berbagai masjid manapun di seluruh Indonesia bahkan Dunia pasti mengadakan khutbah jumat karena wajib hukumnya. Tak terkecuali Masjid Jami' Daarul Muttaqien Bekasi, yang dalam hal ini Ustadz Jaenuddin selaku yang bertugas sebagai khotib pada gelaran sholat jumat pada (29/10/21).

Diawal khutbahnya beliau menjelaskan bahwasanya dalam hidup kita tentu memiliki hak dan kewajiban, tak terkecuali orang tua yang tentu punya hak dan kewajiban pada anak-anaknya.

"Hadirin sidang jumat yang dirahmati Allah, dalam sebuah kehidupan tentu ada sebuah hak dan juga ada pula kewajiban yang harus dipenuhi, ketika kita menikah dan dikaruniai sebuah amanah yang berupa  dikaruniai seorang anak ada sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh kita sebagai orang tua." Kata beliau mengawali khutbahnya.

Lalu lanjutnya, "Jamaah yang dirahmati Allah, ketika hamba Allah dikaruniai seorang anak kewajiban pertama yang harus dipenuhi ialah memberikan sebuah nama yang baik seperti nama-nama baik Allah dan rasulnya itulah sebaik-baiknya nama."

Kemudian ditengah khutbahnya beliau memberikan sebuah nasihat kepada para jamaah bahwasanya adab lebih baik ketimbang ilmu, jadi beliau menerangkan bahwa sebagai orang tua tak hanya harus mewariskan ilmu yang banyak namun juga harus mewariskan akhlak yang baik bagi anak-anaknya.

"Mendidik anak merupakan pahala yang berlipat ganda sampai ketika dia bisa mendoakan kedua orang tuanya juga memiliki akhlakul karimah. Ketika anak yang sholeh kita didik dengan baik insyaallah doanya akan menjadi jaminan bagi orang tuanya" ujarnya.
Dan di akhir khutbahnya beliau menyampaikan sebuah hadits rasul yang didalamnya berisi ajakan atau perintah untuk memuliakan anak-anak kita dan mengajarkan dan memperbaiki adabnya.

"Jamaah yang dimuliakan oleh Allah, Rasulullah SAW bersabda Akrimu auladakum wa-ahsinu adabahum yang artinya muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah adab mereka (HR. Ibnu Majah). Jadi anak kita harus dimuliakan dengan apa? Dengan akhlak yang baik juga ilmu yang baik." Ujar ustadz yang juga menjabat sebagai ketua DKM Masjid Jami' Daarul Muttaqien ini.

Lalu beliau menutup khotbahnya dengan sebuah hadits dari Rasulullah SAW yang berisikan tentang ajakan untuk mengajarkan akan-anak kita dengan adab juga akhlak yang baik karena barangsiapa yang mengajarkan dan memuliakan anak-anaknya dengan akhlak dan ilmu yang baik maka jaminan surga baginya adalah surga Darul Qolam.

"Hadirin yang dirahmati Allah mudah-mudahan kita diberikan kekuatan oleh Allah agar mampu mendidik dan membekali anak-anak kita dengan akhlak dan ilmu yang terbaik. Aamiin." Ujarnya pada Jumat (29/10/21).

Reporter: Muhammad Farhan Yazid- 1204020089 -3C KPI
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update