Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gapai Ketenangan Jiwa dengan Istigfar

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T12:09:20Z

Dakwahpos.com, Cianjur- Masjid Jami Al-Ishlaah rutin mengadakan kultum di setiap minggunya. Pada hari Minggu (31/10/2021) diselenggarakan kultum dengan penceramah KH. Dimyati mengenai "Gapai Ketenangan Jiwa dengan Istigfar".

KH. Dimyati menjelaskan bahwa amal syariat berguna untuk mengurusi badan, ketika tangan, kaki dan anggota badan lainnya berbuat dosa, maka dapat di urusi oleh taubat. Kita sebagai manusia pasti berbuat dosa, oleh karena itu ada kesempatan hingga sekarang untuk bertaubat kepada Allah.

"Taubat dapat dilakukan dengan beristighfar. Rasulullah SAW sesudah melakukan salat beliau tidak pernah tertinggal untuk membaca istigfar, padahal beliau adalah makhluk yang paling dimuliakan dan dijamin oleh Allah SWT dan sangat jauh dari yang namanya dosa," kata KH. Dimyati dalam memaparkan isi kultumnya, Minggu (31/10/2021).

KH. Dimyati menjelaskan manfaat bagi orang yang membaca istighfar, yaitu apabila hatinya sempit akan Allah lapangkan hatinya, apabila hati yang kotor akan Allah bersihkan hatinya, dan akan datang suatu rezeki yang tidak disangka-sangka.

"Istighfar tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup hanya diucapkan dengan penuh kehusyuan, apalagi jika diucapkan sambil ditafakuri hinggal meneteskan air mata. Istighfar akan membuat hati seseorang menjadi lapang dengan diberikan ketenangan jiwa. Harta benda yang berlimpah namun tidak jika hati dan jiwa kita tidak diberikan ketenangan maka akan percuma hidupnya, namun dengan beristigfar hati dan jiwa akan diberi ketenangan,"  kata KH. Dimyati melanjutkan penjelasannya.

KH. Dimyati menjelanjutkan penjelasannya bahwa mengejar ketenangan jiwa dengan harta, dan pangkat tidak akan bisa didapat, namun dengan zikir kepada Allah maka ketenangan jiwa akan didapat. Zikir kepada Allah ada yang dengan lisan, badan.

Pada penjelasan terakhirnya KH. Dimyati mengatakan, menggunakan lisannya banyak berdzikir, seperti beristigfar, membaca tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33x sewaktu selesai melaksanakan shalat, karena sehabis salat do'a insya Allah akan diijabah, selain itu juga memperbanyak membaca Al-Quran. Adapun Ingat kepada Allah dengan badan yaitu dengan salat.

 

Reporter : Wafiq Nur Agniati KPI III D

×
Berita Terbaru Update