Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Empat Nasihat Hadapi Akhirat

Jumat, 29 Oktober 2021 | Oktober 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-29T14:12:45Z

Dakwahpos.com, Cimahi – DKM Nurul Iman mengadakan kegiatan ibadah Salat Jum'at, Jum'at (29/10/2021). Kegiatan khutbah diisi oleh Ustadz Cucu Suhanda, beliau mengangkat sebuah tema yaitu  "4 Nasihat Menghadapi Kehidupan Akhirat".

Pada awalnya Ustadz Cucu Suhanda mengungkapkan, betapa begitu beratnya kehidupan setelah kita mati, apalagi jika kita tidak memiliki bekal yang cukup setelah kematian.

"Kehidupan Akhirat itu berat, maka dari itu kita butuh kendaraan, lalu apa kendaaran kita di akhirat? kendaraanya itu adalah Amal Ibadah. Maka dari itu, ketika hidup kita jangan asal-asalan dalam beribadah, ketika shalat jangan asal-asalan, ketika kita puasa jangan hanya sekedar menahan haus dan lapar, ketika zakat jangan asal mengeluarkan. Jika kita ingin nikmat di akhirat, perbaiki lah cara kita beribadah kepada Allah Swt".

Ustadz Cucu Suhanda lebih lanjut menjelaskan sebuah ayat dalam Al-Qur'an, yaitu Q.S Al-Ankabut ayat 45.
 
"Dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar, tapi yang mengherankan adalah, pada umat muslim saat ini, orang banyak shalat namun tetap menjalankan keburukan, pasti ada sesuatu yang salah dalam salatnya bagaimana cara memperbaiki salat? Dengan datang ke majelis ta'lim". Ujar Ustadz Cucu Suhanda.

"Dan yang kedua, Siapkan bekal yang sempurna karena kehidupan dunia ini hanya sebentar, tidak akan terasa hidup kita ini akan cepat berlalu, kehidupan kita selayaknya itu berada di akhirat. dunia ini ibarat tempat singgah sementara bagi kita untuk memupuk kebaikan lalu kita panen kebaikan tersebut diakhirat kelak".

Ustadz Cucu Suhanda juga melanjutkan yakni, "Dan yang ketiga Jangan Banyak Bawaan, maksudnya Karena perjalan kita setelah kematian itu sangat jauh dan berat, kita masih harus melewati alam kubur, hari kebangkitan, padang mahsyar, yaumul mizan, yaumul hisab, dan shiratol mustaqim. Maka dari itu kosongkan hati dari duniawi, maksudnya bukan kita tidak peduli dengan dunia namun maksudnya segala urusan dunia jangan dimasukan kedalam hati, cukup Allah yang ada dihati".

"Dan yang keempat Ikhlaskan Segala Amalan, Amal itu bukan seperti boneka yang tidak memiliki nyawa, namun ketahuilah sekecil apapun amalan kita, baik amalan yang baik atau buruk, itu tetap memiliki ganjaran disisi allah. Maka dari itu maksimalkanlah kehidupan kita untuk berbuat kebaikan" Ujar Ustadz Cucu Suhanda.

Kemudian khutbah jum'at ditutup dengan memanjatkan doa bersama kepada Allah SWT, ibadah salat jumat berlangsung dengan khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin

Reporter : Novaldy Akbar – Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update