Empat kemuliaan Umat Rasulullah SAW

Dakwahpos.com, Cianjur - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Ikhsan Bruney Kayumanis, Cianjur mengadakan kegiatan pengajian rutin setiap malam senin, (31/10/2021), oleh KH. Furqon sebagai pimpinan Majlis yang mengangkat tema " Empat kemuliaan Umat Rasulullah SAW"

Dalam ceramahnya, KH. Furqon menjelaskan dalam kitab Nashaihul Ibad, karangan Syaikh Nawawi  menerangkan empat kemuliaan umat Nabi Muhammad SAW yang membuat heran Nabi Adam. Namun keempat kemuliaan ini tidak Allah SWT berikan kepada Nabi Adam.

Nabi Adam A.S berkata, "Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan kepada umat Muhammad empat kemuliaan yang tidak diberikan kepadaku:

1.      Kemuliaan Umat Rasulullah "Taobatku hanya diterima di kota Mekah", sementara taobat umat Nabi Muhammad S.A.W diterima di tempat manapun oleh Allah SWT.

2.      Kemuliaan Umat Rasulullah pada mulanya aku berpakaian, tetapi ketika aku berbuat durhaka kepada Allah SWT, maka Allah SWT menjadikanku telanjang. Umat Muhammad berbuat durhaka dengan telanjang, tetapi Allah SWT memberi mereka pakaian.

3.      Kemuliaan Umat Rasulullah ketika aku telah berdurhaka kepada Allah SWT, maka Allah SWT telah memisahkan aku dengan isteriku.Tetapi umat Muhammad berbuat durhaka, Allah SWT tidak memisahkan mereka dari isteri.

4.      Kemuliaan Umat Rasulullah memang benar aku telah durhaka kepada Allah SWT dalam syurga
dan aku dikeluarkan dari syurga, tetapi umat Muhammad durhaka kepada Allah akan dimasukkan ke dalam syurga apabila mereka bertaobat kepada Allah SWT.

Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW yang mengikutinya wajib meneruskan usaha dakwah kenabian. Dakwah menyeru dan mengajak seluruh umat manusia untuk bertakwa dan fokus hanya kepada Allah SWT. Salah satu hal penting dari tanggung jawab yang sangat mulia adalah memberikan perasaan bahwa kita adalah umat Nabi Muhammad Rasulallah.

"Meskipun kita mempunyai banyak dosa kepada Allah,tapi akan dimasukkan ke dalam syurgaNya apabila kita bertobat kepada Allah,semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan rahmat dan mendapatkan syafaat Beliau (Nabi Muhammad SAW)"ujarnya.

 

Reporter: Aldo

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023