Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desa Sukaratu Miliki Objek Wisata Situ Bagendit II Berpotensi Jadi Wisata Terkenal di Garut

Sabtu, 09 Oktober 2021 | Oktober 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-09T02:03:56Z

Dakwahpos.com. Garut – Situ Bagendit II di Kampung Jolok Batu, Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi, Garut. Menjadi salah satu objek wisata baru yang menjadi daya tarik masyarakat dan berpotensi menjadi salah satu wisata terkenal di Garut karena memiliki pemandangan yang indah dan asri tidak kalah jauh dengan wisata Bagendit I.

Danau yang ada di desa Sukaratu ini masih sangat alami dan menyimpan kisah yang menarik dibalik pembentukannya. Situ Bagendit II bisa menjadi alternatif berlibur untuk menyegarkann badan dan pikiran, berbagai aktivitas bisa dilakukan disini sehingga sangat cocok menjadi tujuan wisata keluarga.

"Kawasan Objek wisata ini memang jika dikelola dengan baik sangat berpotensi menjadi objek wisata yang terkenal karena kondisi situ masih bersih. Bahkan sudah menjadi salah satu objek wisata yang dicari oleh wisatawan dari luar daerah Garut. Dan usaha menjadikan kawasan wisata ini medunia akan semakin terbuka". Ujar Kepala Desa Sukaratu Ali Said Abdul Aziz, Rabu (6/10/2021).

Objek wisata Situ Bagendit II yang sekarang dikelola pihak Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) desa Sukratu yang tahun lalu mendapat kucuran dana dari Pemerintah Provinsi, memiliki pemandangan dan daya tarik yang tidak kalah asri jika dibandingkan dengan wisata Bagendit I. keindahan serta spot-spot yang ada berpotensi akan menjadikan objek wisata Bagendit II menjadi tempat wisata favorit di Garut.

Bumdes Sukaratu juga memperhatikan perkembangan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata Situ Bagendit II agar lebih meningkat dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan tempat wisata ini. Salah satunya dengan mendirikan beberapa gazebo dan warung yang akan dikelola masyarakat setempat. Selain itu Bumdes juga mematok tiket masuk sebesar Rp500,- bagi setiap pengunjung.

Menurut Ali ada beberapa cara untuk meningkatkan potensi wisata Situ Bagendit II salah satunya adalah menjalin kerja sama antara DKKG Kabupaten Garut dengan Bumbes Desa Sukaratu untuk mengenalkan wisata Bagendit II baik kepada masyarakat daerah Garut sendiri sampai keluar daerah Garut.

"Dengan menjalin kerja sama antara DKKG Kabupaten Garut dan Bumdes Desa Sukaratu untuk memperkenalkan Situ Bagendit II tidak menutup kemungkinan akan menarik para investor yang ingin membangun hotel. Hal itu bisa lebih menarik para wisatawan." Ucapnya.

Ali menuturkan Situ Bagendit II adalah salah satu tempat wisata yang berpotensi menghasilkan PAD yang besar bagi daerah. Pemerintahan desa merencanakan beberapa event yang bisa menarik wisatawan salah satunya akan megadakan pasar terapung. Nantinya para wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan dengan menaiki rakit, akan tetapi juga memiliki kegiatan lain dengan berbelanja di tengah situ.

"Sayang sekali kalau seandainya objek wisata di Garut tepatnya di Desa Sukaratu sendiri tidak mendapatkan pehatian dari pemerintah terutama dalam hal penataan tempat wisatanya." Ujarnya.

Menurut Ali untuk menciptakan tempat wisata yang terkenal samapi keluar daerah tidak mudah diperlukan dukungan dari berbagai pihak salah satunya pemerintah Kabupaten sendiri. Karena selain pemandangan yang indah objek wisata Situ Bagendit II juga memiliki keunikan tersendiri dimata wisatawan.

Aneu Anggar Nauli, KPI/5A   
×
Berita Terbaru Update