Desa Cijayana Bangun Kolam Renang di Kawasan Pantai Cibuhung Selatan Garut

Dakwahpos.com, Garut – Sebagai pemerintah desa sudah seharusnya dan menjadi kewajiban untuk memberikan pelayanan yang baik rterhadap masyarakatnya, baik dalam sarana prasarana pembangunan, maupun dalam hal kebutuhan lainnya, untuk kemajuan danrrara kesejahteraan masyarakatnya yang ada didesa tersebut.

Hal inilah yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, ditangan Kepala Desa Pak Diat dan Sekretaris Desa Pak Tono Saptoninggar. Agar saslah satu tujuannya bisa mensejahterakan masyarakat didalamnya.
Pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa Cijayana ini salah satunya adalah membangun kolam renang yang terletak dikawasan pantai Cibuhung, Kampung Solokan. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk membangun pembangunan-pembangunan saja tapi membangun pertumbuhan ekonomi masyarakatnya juga. Karena dengan adanya kolam renang dipastikan masyarakat atau wisatawan akan bisa berkunjung dan masyarakat setempat yang ada didesa Cijayana bisa berjualan/berdagang di lokasi wisata tersebut.
Hal tersebut diungkapkan sekertaris Desa Cijayana, Bapak Tono Saptoninggar saat wawancara di kantor Desa setempat, Selasa, 12 Oktober 2021. Dia mengaku pihak pemerintah Desa Cijayana sedang berusaha membangun pembangunan-pembangunan yang bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya, khususnya dalam pertumbuhan ekonomi. "Jadi pada intinya, program pembangunan-pembangunan tersebut harus bisa dirasakan manfaatnya baik oleh masyakarat Cijayana, maupun masyarakat lainnya" tutur sekertaris Desa Cijayana, Tono Saptoninggar.
Pemerintah Desa Cijayana mengakui bahwa pada tahun 2021 pemerintahannya hanya membangun kolam berenang saja, yang berada di pantai Cibuhung, Kampung Solokan RT/RW 02/01 yang dimulai pada tanggal 9 Oktober sampai sekarang (sedang berlangsung sekarang). Dalam melaksanakan program pembangunan tersebut yang bertanggung jawab adalah Kepala Desa, dan yang bertanggung jawab dilapangan yaitu tim pelaksana.
Pemerintah Desa Cijayana berjanji akan melaksanakan pembangunan-pembangunan yang bisa dirasakan masyakarat manfaatnya. Pada tahun 2022 juga merencanakan akan melaksanakan pembangunan jalan di kampung Cisawer. "Dalam poin 8, saya sebagai pengurus kepala desa dalam melaksanakan pembangunan kedepan yang sudah tercapai atau belum pemerintah Desa akan dimaksimalkan semaksimal mungkin baik dari bantuan APBD atau APBN pemerintah desa akan melaksanakannya berdasarkan aturan pemerintah tersebut"tutur sekertaris Desa Cijaya, Tono Saptoninggar.
Program pembangunan-pembangunan di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan disepakati dengan metode partisipasi masyakarat setempat dengan mewujudkan pembangunan yang transpara dan terbuka.
Reporter : Fahminah, Mahasiswi KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023