Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ramadan Bulan Yang Sempurna

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T14:25:27Z

Dakwahpos.com, Garut - Dkm ikomah sunan gunung Djati Bandung mengadakan acara kultum setelah melaksanakan sholat Dzuhur, pada tanggal ( 03/05/2001).Dalam kesempatan tersebut beliau mengangkat tema tentang bulan ramdhan yang berjudul " Bulan Yang Sempurna.

Ustadz Abdul Azis Ma'arif, M. Si. Menerangkan bahwa bulan ramadhan itu banyak sekali keutamaannya, di dalam hadist Al -bukhori Allah SWT berfirman : Rasulullah Saw bersabda hadist qudsi, " bahwa memang puasa itu pahala amal kebajikannya dilipat gandakan dari mulai 10 kali lipat sampai 700 kali lipat".

Jadi pahala shaum ini di rahasiakan, tapi kalau pahala amal shaleh yang lain, misalkan kita ambil infak. Itu dalam surat Al-Baqarah ayat 261 itu dilipatgandakan sampai 700 kali lipat bahkan sampai lebih.

Dari itu beliau mengajak kepada seluruh maljis yang hadir untuk bisa memanfaatkan sisa shaum tersebut yang sisa tinggal setengah. Dengan cara meningkatkan ketakwaan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Beliau juga menerangkan bahwa pada bulan ini pintu taubat di buka full oleh Allah, pada siang hari di ampuni dan malam hari pun di ampuni.

Ada dua syarat yang diperintah kan oleh rasul yang pertama " imanan", shaum dan shalat taraweh harus didasari iman kepada Allah SWT. Sementara sayarat yang kedua yaitu " ihtisaban", Ada tobat , istigfar, instropeksi atas segala dosa.

Dan beliau juga menyampaikan bahwa apabila manusia bisa menunaikan dua syarat tersebut maka Allah akan mengampuni segala dosa, bahkan dosa syirik sekaipun.

Kemudian beliau menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar , malam laitul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ibadah pada malam in pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT .

Keutamaan bulan ramadhan yang terakhir adalah adanya zakat fitrah yang diperintahkan oleh Allah SWT . Dan zakat fitrah ini memiliki dua, yang pertama yaitu " tumatan Lil masakin " untuk memberi makan kepada fakir miskin. Yang kedua yaitu " tuhrotan lisoimi anillaghi warobbah" menjadi pembersih dari perkataan dan perbuatan yang sia-sia .

Dan itulah isi dari kultum Ustadz Abdul Azis Ma'arif , M. Si. Semoga apa yang beliau sampai kan bisa bermanfaat dan tentunya bisa menambah ilmu bagi kita semua. Aamiin 

Reporter: Rahmat Saepudin, Mahasiswa KPI UIN SGD

×
Berita Terbaru Update