Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bukti Cinta Kepada Rasulullah

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T12:12:07Z

Dakwahpos.com, Subang- Kepala Dusun Pasirmahi menyelenggarakan acara pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang ustaz Pepen sebagai penceramah. Acara tersebut berlangsung di Balai Musyawarah dan dihadiri oleh masyarakat setempat. Ahad, (24/10/2021).
 
Pada acara tersebut, ustaz Pepen menyampaikan ceramah tentang cara membuktikan cinta kepada Rasulullah SAW. Ustaz Pepen menjelaskan bahwa bulan Rabiul Awal adalah bulan lahirnya manusia paling mulia yang Allah utus ke dunia untuk menyempurnakan akhlak. Pada bulan ini juga waktu yang tepat bagi kita untuk membuktikan dan meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Ustaz Pepen memaparkan "Jika kita mencintai Rasulullah, maka buktikanlah cinta itu. Ada beberapa cara untuk membuktikan cinta kita kepada Rasulullah SAW. Diantaranya ada tiga cara, yaitu meneladani akhlak Rasulullah, menjalankan sunah-sunah Rasulullah, dan memperbanyak selawat kepada Rasulullah".

Cara membuktikan cinta kita kepada Rasulullah SAW yang pertama adalah meneladani akhlak Rasulullah SAW. Ustaz Pepen menjelaskan bahwa Rasulullah adalah suri teladan bagi manusia. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Ahzab ayat 21:
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ – ٢١
Artinya: "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (QS. Al Ahzab : 21).

Cara membuktikan cinta yang kedua kepada Rasulullah SAW adalah dengan menjalankan sunah-sunah Rasulullah. Ustaz Pepen menjelaskan bahwa seseorang akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang yang dicintai nya. Jika kita mencintai Rasulullah SAW maka tentulah kita akan mengikuti sunah-sunah nya.

Kemudian ustaz Pepen menyampaikan cara yang ketiga untuk membuktikan cinta kita kepada Rasulullah adalah dengan memperbanyak membaca selawat. Ada satu hadits Dari Ibnu Abbas radhiallahu'anhu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang melupakan selawat kepadaku, sungguh ia telah meninggalkan jalan surga." (Hadits shahih riwayat Ibnu Majah, Shahiihul Jaami' no 6658). 

Ustaz Pepen memaparkan "Jika kita melupakan selawat kepada Rasulullah SAW maka sama saja kita telah lupa jalan menuju surga, karena Rasulullah yang akan memberikan syafaat kepada kita kelak di hari akhir dan berselawat kepada Rasulullah adalah suatu amalan sunah yang luar biasa keutamaannya".

Jika kita telah berusaha untuk meneladani akhlak Rasulullah, menjalankan sunah-sunah Rasulullah dan memperbanyak selawat kepada Rasulullah, maka kita telah membuktikan cinta kita kepada Rasulullah. Cinta yang sesungguhnya bukan hanya diucapkan namun harus ada pembuktian.



Reporter : Ayu Sri Wahyuni, Mahasiswi KPI 3A, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
×
Berita Terbaru Update