Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bhabinkamtibmas dan Kepala Pemerintahan Kelurahan Cipadung Kulon Lakukan Pendataan Terhadap PKL

Jumat, 29 Oktober 2021 | Oktober 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-29T14:16:27Z

Dakwahpos.com, Bandung- Guna mengatur keamanan dan pengaman Bhabinkamtibmas dan Kepala Pemerintahan Cipadung Kulon lakukan pendataan terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar toko swalayan Borma Cipadung dan Jalan Sukamaju pada Senin, (25/10/2021).

Muhammad Fawzi Kepala Seksi Pemerintahan menyebutkan bahwa kegiatan pendataan ini juga dilakukan guna mengetahui adanya penambahan jumlah PKL atau tidak dari tahun sebelumnya.

"Pendataan dilakukan untuk mengetahui apakah setiap tahun jumlahnya bertambah atau berkurang (jumlah PKL), di tahun kemarin itu sekitar 12 yang terdata sedangkan tahun ini bertambah jadi sebanyak 20 PKL,"jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan jumlah tersebut belum termasuk dengan pedagang yang mendirikan bangunan liar. Maka dari pihak Pemerintahan Kelurahan, Bhabinkamtibmas dan akan dibantu Satlinmas berupaya terus melakukan pendataan.

"Jumlah ini hanya PKL bukan menetap atau yang mendirikan bangunan liar tentu ini tidak sesuai aturan, untuk pendataan abangunan liar ini pun sekarang sedang berjalan dibantu oleh satlinmas,"ujarnya.

Disamping melakukan pendataan Fawzi juga menambahkan bahwa mereka juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada PKL untuk selalu menjaga ketertiban, kebersihan juga keamanan di tengah pandemi.

"Selain pendataan kami juga memberikan sosialisasi dan edukasi bahwa mereka seharusnya tidak berjualan di bahu jalan atau trotoar, maka kita berikan sosialisasi karena tupoksinya bukan dari tingkat kecamatan atau kelurahan melainkan dari satpol PP.  Kemudian menghimbau supaya jangan sampai kebersihannya tidak dijaga. Selain itu anggota kami juga selalu membawa masker untuk dibagikan kepada warga yang tidak patuh prokes termasuk kepada pedagang itu sendiri,"ujar Fawzi.

Fawzi berharap dengan adanya pendataan dan sosialisasi yang dilakukan kedepannya pedagang semakin paham dengan aturan yang ada dan segera ada penataan dari Dinas UMKM.

" Harapan ke depan yang pertama dengan adanya sosialisasi yang kami lakukan pedagang semakin paham dengan aturan yang ada karena disamping mencari nafkah kita juga harus taat dan mengikuti peraturan dari pemerintah. Semoga ada tempat yang layak, dan ada penataan dari Dinas UMKM,"tutupnya.

Dian Ramadhan, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
×
Berita Terbaru Update