Bertakwa dalam Segala Ujian Hidup Seraya Berdo'a Dan Ikhtiar

Dakwahpos.com, Lebak - Dalam ceramah khutbah shalat Jum'at yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Tapos (29/10/2021) Lebak, Banten. Ada khutbah jum'at yang menarik ketika Ustadz Mamat selaku khotib shalat jum'at pada saat itu yang memberikan ceramah mengenai ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam sidang jum'at itu Ustadz mamat menyampaikan untuk mengajak umat senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, takwa dalam arti senantiasa berupaya menghadirkan asma Allah disetiap situasi kondisi umat. Salah satu caranya ialah dengan berdzikir dan melaksanakan segala perintah Allah SWT.

"Dalam meningkatkan ketakwaan, kita harus senantiasa berupaya menghadirkan nama Allah SWT, caranya dengan berdzikir menyebut asma Allah dan melaksanakan semua perintah-Nya". Ujar Ustadz Mamat selaku khotib jum'at

Kemudian Ustadz Mamat melanjutkan bahwa Takwa kepada Allah SWT, senantiasa melibatkan Allah dalam segala persoalan yang umat muslim alami dengan meminta do'a pertolongan kepada Allah SWT, meminta agar dimudahkan disetiap kesulitan yang dilalui dalam hidup. Ustadz Mamat juga menghimbau agar tetap bersabar bilamana mendapatkan cobaan dari Allah karena cobaan itu semua merupakan bagian dari proses hidup agar menjadi pribadi yang baik.

"Cara yang baik untuk menyikapi cobaan dari Allah ialah dengan berhusnudzon kepada Allah SWT. Sabar dalam melalui cobaan adalah kunci untuk mendapakatkan keberkahan disetiap rintangan hidup" ujarnya.

Ustadz Mamah mengatakan agar umat memperbanyak beribadah dan berdo'a ketika mendapatkan ujian hidup, karena hanya kepada Allah manusia meminta pertolongan. Dan dalam khutbahnya Ustadz Mamat meminta agar umat saling mendo'akan sesama muslim.

"Ketika kita mengalami musibah hal yang utama kita lakukan sebagai muslim ialah memperbanyak ibadah kepada Allah, seraya berdo'a meminta ampunan serta petunjuk dari setiap musibah yang kita lalui. Dan sesama muslim pun jangan hanya diam saja, akan tetapi bantu saudara muslim dalam hal material atau pun dengan do'a yang kita panjatkan". Ujar Ustadz Mamat selaku imam Masjid Al-ikhlas

Dalam ceramah khutbah jum'at ini, khotib jum'at mengingatkan umat agar beriktiar beriringan dengan do'a yang dipanjatkan. Serta beliau juga mendo'akan umat agar dimudahkan segala urusannya, dan tidak lupa Ustadz Mamat meminta agar umat tetap bersabar semoga pandemi ini cepat berlalu.

Reporter : Roby Firdaus Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023