World Clean up Day 2021, DKM Al Masian Ataqwa Gelar Kegiatan Bersih-Bersih dan Pilah Sampah


Dakwahpos.com, Bandung - Aksi World Clean up Day (WCD) merupakan aksi bersih-bersih yang dilakukan serentak di seluruh dunia dari tanggal 18-24 September 2021. WCD di Indonesia merupakan gerakan sosial yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga, dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat. 

Pandemi yang melanda, tidak menghentikan terlaksananya kegiatan bersih bersih terbesar di dunia. Tidak terkecuali, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)  LDII Al Masian Ataqwa yang terletak di Desa Cangkuang, Rancaekek, Kab.Bandung yang tetap melaksanakan WCD meski di tengah pandemi dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Menurut Pak Samino selaku ketua DKM LDII Al Masian Ataqwa, kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi LDII sebagai umat Islam kepada negara untuk selalu dan senantiasa menjaga lingkungan hidup tetap sehat agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi dari umat Islam khususnya LDII kepada negara, dengan tujuan membersihkan dunia dari permasalahan sampah, dan meningkatkan kepedulian terhadap sampah serta memupuk nilai cinta kepada kelestarian masa depan bumi" ucap ketua DKM, Pak Samino (26/09/2021)

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Jum'at (24/09/2021), di halaman Masjid Al Masian Ataqwa tidak hanya dihadiri oleh pengurus DKM saja, tapi semua jamaah termasuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Adapun cakupan tempat bersih-bersih ini dilakukan di masjid, aula, halaman, dan komplek sekitar masjid.

Jamaah DKM Al Masian Ataqwa terlihat sangat antusias ketika melaksanakan kegiatan ini. Pasalnya kegiatan ini menurut Ilham (23)  akan menjadikan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Juga, harapannya kegiatan ini dilakukan secara rutin karena dampaknya yang sangat baik.

"Kegiatan seperti ini sangat bagus jika dilaksanakan secara rutin. Selain bisa membuat lingkungan menjadi lebih hijau, nyaman dan sehat. Kegiatan ini juga bisa menambah kekompakkan dan menghindari masalah antar warga di komplek masjid. Dan yang paling penting semua warga bisa sama-sama merasakan dampaknya yaitu, bisa beribadah dengan lancar" ucapnya (26/09/2021).

Reporter : Rayza Fauzan Al Habsy
Mahasiswa KPI UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023