Pandemi Bukan Halangan Berkegiatan Rutin di Masjid Asy-Syamsu

Pandemi Bukan Halangan Berkegiatan Rutin di Masjid Asy-Syamsu
Cirebon, Dakwahpos.com- Pandemi bukan halangan berkegiatan rutin di Masjid Asy-Syamsu, ini dibuktikan dengan antusiasme masyarakat yang tetap hadir dalam beberapa kegiatan yang terselenggara.

Masjid Asy-Syamsu yang terletak di Jl. Sekar Kemuning Kecamatan Kesambi, Kelurahan Karyamulya ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatannya selalu menggunakan pengeras suara sehingga mengundang masyarakat menarik untuk ikut bergabung pada kegiatan tersebut.
 
Beberapa kegiatan rutin berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan Masjid pun selalu steril, dibersihkan setiap sebelum memasuki waktu shalat. Diantara kegiatan rutinnya, seperti pengajian anak-anak atau Madrasah Diniyah yang dilaksanakan setiap hari ba'da maghrib sampai menjelang isya. Dengan para pengajar dari Irmas atau Ikatan Remaja Masjid Asy-Syamsu yang semangat berbagi ilmu pada anak-anak.

Namun, pengajian anak-anak diliburkan pada hari kamis malam jumat dikarenakan ada kegiatan rutin Marhabanan yang diikuti oleh Irmas dan beberapa Takmir Masjid. Dengan semangat melantukan sholawat berharap syafaat dari Baginda Nabi Muhammad SAW dan menghidupkan Masjid maka Marhabanan di masa pandemi tidak menjadi pengahalang.

Selain pengajian anak-anak, tak kalah semangat pengajianyang selalu ramai dihadiri oleh ibu-ibu. Bukan hanya masyarakat setempat yang mengahadiri, banyak masyarakat luar kecamatan yang antusias mengikuti pengajian. Pengajian atau Majlis Taklim ini bernama Majlis Taklim Al-I'tihad yang diselenggarakan setiap hari rabu dan jum'at sore setiap minggunya.

Pengajian ibu-ibu ini terkenal dengan kompaknya ketika melantunan Asmaul Husna dengan ciri dan khasnya, dibuktikan ketika diadakan lomba di kelurahan, Majlis Taklim Al-I'tihad berhasil meraih juara 1 lomba Pembacaan Asmaul Husna dan Al-Barjanzi.
 
Kegiatan wajib seperti sholat jum'at tetap dilaksanakan di Masjid Asy-Syamsu. DKM Masjid Asy-Syamsu menuturkan kewajiban sholat jum'at harus tetap dilaksanakan karena itu suatu perintah yang tidak dapat ditinggalkan. "Masjid Asy-Syamsu tetap terbuka dengan berbagai kegiatan, salah satunya sholat jum'at yang tetap terlaksana yang dihadiri jamaah dengan syarat jamaah itu sehat dan mematuhi protokol kesehatan serta membawa sajadah masing-masing dari rumah agar mengantisipasi masjid tetap bersih dan aman." ujarnya. Jum'at (24/09/2021)

reporter : Maghrisul Akhiroh Syam
mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023