Mesjid Al-Hikmah Tetap Jalankan Solat Jumat Dengan Protokol Kesehatan.

Sumedang, Dakwahpos.com

Mesjid Al-Hikmah adalah salah satu mesjid yang terletak di desa mekarmulya yang memulai kegiatan keaagamaan di era PPKM level 4 dengan protokol kesehatan yang ketat. Mesjid yang  di ketuai oleh Bapak Sunandar ini melakukan kegiatan keagamaan seperti Solat Jumat berjamaah tetapi dengan memerhatikan protokol kesehatan. Langkah itu adalah salah satu ikhtiar yang dilakukan oleh pengurus mesjid agar tetap bisa melakukakn kegiatan di Tempat umum seperti mesjid.

Ketua DKM Al-Hikmah, Bapak  Sunadar (57) mengatakan "Kegiatan in sangat perlu dilakukan karena dengan kegiatan seperti solat Jumat, jamaah bisa lebih medekatkan diri kepada Allah SWT, walaupun dalam keadaan PPKM seperti ini" tuturnya kepada wartawan setelah kegiatan jumatan ini berlangsung. (24/9).

Bapak Sunandar (57) juga mengkonfirmasi saat  diadakannya kegiatan solat jum'at ini tidak lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat seperti menggunankan masker, dan juga jaga jarak. Selain itu pengurus DKM Al-Hikmah juga menyediakan protokol kesehatan lainnya seperti menyiapkan terlmogun untuk mengecek suhu, dan sabun untuk mencuci tangan.

Tetapi menurut Bapak Sunandar (57) selaku Ketua DKM menyatakan bahwa mesjid Al-Hikmah ini belum sepenuhnyaa bisa menjalankan protokol kesehatan khusus nya jaga Jarak.  karena kapasitas mesjid ini masih kurang dibanding masyarakat yang ada. "Memang kapasitas mesjid disini masih kurang memadai, tetapi  saya selalu usahakan untuk mematuhi protokol kesehatan, seengaknya memakai masker." Ungkapnya.( 24/9)

Kegiatan Solat jumaat ini juga disambut baik oleh masyrakat setempat. Karena menurut ketua RT setempat Bapak Oon Sutisna (68) Hal in dapat juga meningkatkan imunitas tubuh dan juga bisa silaturahmi antara jamaah. Sehingga ketua Rt setempat juga menyambut dengan baik dengan kegiatan Solat jumatan berjamaan di mesjid kembali setelah vakum beberapa saat di masa PPKM ini.

Penceramah atau khotib juga Bapak Dede Sukmana (45)  menyambut baik dengan dilaksanakan kegiatan jumatan berjamaah ini menurutnya kegiatan jumatan ini sangat perlu dilakukan oleh umat muslim untuk meningkatkan ketaqwaan kita sebagai umat muslim kepada allah Swt. Beliau juga mengatakan " Ya, ini sangat bagus untuk dilakukan karena hal hal positif bisa meminimalisir peningkatan kasus covid19 ini tetapi dengan prosedur kesehatan yang berlaku" tuturnya.

Setelah  mengadakan kegiatan ini pengurus DKM juga mengevaluasi jalannya kegiatan ini. " Kegiatan ini juga perlu saya evaluasi karena masih ada beberapa orang atau jamaah yang belum sadar dengan prtokol kesehatan yang berlaku sehingga perlu diingatkan kembali untuk kedepannya" pungkas ketua DKM Al-Hikmah Bapak Sunandar (57). (24/9)


Reporter : Rafi Hidayat Ruswandi, Mahasiswa Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023