Masjid Jami' Ar-Rahmah Adakan Kegiatan Hidroponik di Masa Pandemi


Dakwahpos.com, Jakarta- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) beserta dengan Remaja Islam Masjid Ar-Rahmah (RISMA) menjalankan kegiatan hidroponik selama pandemi ini. Hidroponik ini awalnya adalah sumbangan atau hibah dari BAZNAZ BAZIS DKI untuk Masjid Jami' Ar-Rahmah yang berada di Rusun BCI, Cengkareng. 

Sebelum kegiatan ini dimulai, ada beberapa perwakilan dari RISMA yang belajar mengenai cara melakukan kegiatan hidroponik ini. Menurut penuturan salah satu pengurus, kegiatan ini berlangsung sejak 24 Januari 2021 hingga kini. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap minggu atau dua minggu sekali, bergantung dari tanaman apa yang ditanam. Kegiatan ini dilakukan mulai dari penanaman bibit, hingga masa panen dan akhirnya dijual ke masyarakat. 

Wakil Ketua RISMA Adib Raihan Majib menuturkan, meskipun dikala pandemi, kegiatan hidroponik ini terus berjalan. 

"Alhamdulillah, selama pandemi kegiatan terus berjalan. Selama bulan puasa pun terus berjalan karena kita terus panen, lalu penanaman bibit kembali, sehingga kegiatan bisa terus berjalan, " ujarnya pada saat ditemui Minggu (26/09/2021).



Kegiatan ini dilakukan masih di dalam lingkungan masjid. Karena lahan yang masih mencukupi, hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang tidak terlewat dalam aktivitas yang ada di masjid tersebut. Namun, sebetulnya kegiatan ini tidak memerlukan banyak lahan, karena hidroponik ini adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya tanaman. 

Selain berada di lingkungan masjid, kegiatan ini ternyata juga sudah dilakukan oleh beberapa warga yang ada di kawasan Rumah Susun BCI. Jika orang luar ingin belajar hidroponik ini, tentu Masjid Ar-Rahmah dengan senang hati menerimanya.

Reporter: Jihan Nur Setyo R, KPI/3B
Mahasiswa UIN SGD Bandung




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023