Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Madrasah Diniyah Masjid Al-Halimiyah Jadi Alternatif Pendidikan Agama Islam di Masyarakat Desa Maruyung

Minggu, 26 September 2021 | September 26, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-26T11:50:58Z

Dakwahpos.com, Bandung - Warga Kampung Jalancagak diperbolehkan menjalankan kembali kegiatan pengajian untuk anak-anak diniyah Masjid Al-Halimiyah. Karena saat pandemi pengajian sempat diliburkan terlebih dahulu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Madrasah Diniyah yang bertepatan di Masjid Al-Halimiyah merupakan Lembaga Pendidikan Islam non Formal yang dilakukan pada siang hari. Salah satu fungsi memasukan anak ke Madrasah Diniyah tidak hanya Sekolah Dasar saja, ialah dapat menjadi pelengkap Agama Islam, menanam ketauhidan ilahiah sejak dini dan juga fasih dalam mengaji. Karena yang diajarkan tidak hanya ilmu ketauhidan saja, melanikan ilmu fiqh, baca tulis al-Qur'an atau iqra dan mata pelajaran islam lainnya.

Covid-19 saat ini di Indonesia masih mengalami kenaikan kasus. tak heran jika sekolah, pengajian, dan lapangan kerja ikut serta mematuhi anjuran pemerintah dengan diliburkannya semua aktivitas terlebih dahulu. Masjid Al-Halimiyah menggelar kembali pengajian rutin anak-anak diniyah dengan tetap menjaga protocol kesehatan. Dengan begitu mereka terlihat sangat bersemangat ketika akan memulai kembali pengajian yang dipimpin oleh para asatidz dan ustadzah ketika hendak berdo'a.

Setelah melihat antusias anak-anak untuk mengaji, ketika sedang menulis dan menjelaskan materi mengenai ketauhidan, Ustadz Atep menyampaikan pesan yang sangat menyentuh dan semakin membangun semangat mereka untuk tetap konsisten dalam ghiroh tolab ilmu.
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Q.s Al-Mujadalah : 1)
dan Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, "Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu , maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Ibnu Majah & Abu Dawud). Ujarnya Kamis 23/09/2021.

Setelah Ustadz Atep menyampaikan pesan tersebut, tanpa terbayagkan sebelumnya, anak-anak serentak mengucap syukur dan semakin bertambah rasa haus menuntut ilmu itu dalam diri mereka, dengan begitu Ustadz Atep terkejut sekaligus menahan haru melihat reaksi dan respon anak-anak akan pesan yang beliau sampaikan.

Madrasah Diniyah di Masjid Al-Halimiyah sangat berperan penting bagi tatanan kehidupan masyarakat setempat, Karena dengan adanya Madrasah Diniyah ini menjadi pelengkap dan menambah pendidikan agama bagi anak-anak yang orangtua mereka awam akan masalah ke Agamaan.

Selain Masjid Al-Halimiyah mengadakan Madrasah Diniyah, Masjid Al-Halimiyah juga sering menggelar pengajian rutin ibu-ibu pada setiap hari jum'at siang, pengajian bapak-bapak setiap malam sabtu, dan tidak jarang Masjid Al-Halimiyah juga sering menggelar tahlilan ataupun debaan ketika malam jum'at dan istighosah bersama.

 
 

reporter : Silmie Rusydiani Sholihah, /KPI 3D
masiswi UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update