Vinki Zakia Rahman, Mahasiswi UIN SGD Bandung ikuti Lomba Dakwah Digital Al Washliyah

Dakwahpos.com, Tasikmalaya – Pengurus Wilayah Al Jam'iyatul Washliyah Provinsi Jawa Barat mengadakan Lomba Digital Al Washliyah Jawa Barat dalam memperingati Milad Al-Jam'iatul Wahliyah ke-90 2020 pada tanggal (17/11/2020) dengan mengasung tema ceramah yaitu keislaman.
 
Perlombaan tersebut terbuka untuk kader Al-Washliyah dan masyarkat umum. Penyeleggara lomba membagi kategori menjadi 3, yang pertama tingkat anak-anak, kedua tingkat remaja, dan ketiga tingkat dewasa. Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Sunan Gunung Djati Bandung turut meramaikan perlombaan tersebut.
 
"Awalnya kami tidak sangka bahwa banyak yang mengikuti lomba ini dan ternyata alhamdulillah peserta yang mengikuti lomba ini sangat antusias sekali. Di masa pandemi ini kan kita di rumah saja, kita disini membuat acara tersebut agar anak-anak muda zaman produktif dan bisa melatih skill dalam kultum atau ceramah", katanya.
 
Salah satu peserta lomba yang mengangkat judul Hak Seorang Muslim Terhadap Muslim Lainnya mengungkapkan bahwa sesama manusia terlebih sesama muslim harus saling tolong menolong, hal ini karena kodrat manusia diciptakan Allah adalah sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendirian. Agar lebih mempererat ikatan antarsesama muslim, Rasulullah telah mengajarkan beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Hak seorang muslim kepada muslim lainnya ada enam." Dikatakan, "Apa saja wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "(1) apabila berjumpa dengannya, maka ucapkan salam, (2) apabila ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya, (3) apabila ia meminta nasihatmu, maka nasihatilah, (4) apabila ia bersin lalu ia memuji Allah, maka doakanlah, (5) apabila ia sakit, maka jenguklah, (6) dan apabila ia meninggal dunia, maka ikutlah ke pemakamannya." (HR. Muslim)

"Islam selalu mengajurkan kepada kehormatan, kemuliaan dan kedamaian kepada umatnya dan selalu mengadakan hubungan antara yang satu dengan lainnya untuk mewujudkan kasih sayang diantara mereka. Untuk menjalin hubungan antar mereka terdapat enam hal yang merupakan hak atas setiap pribadi muslim yang berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat." ujarnya.

Pemenang lomba ceramah ini akan mendapatkan hadiah  masing-masing kategori terdapat Juara 1-3 dan Juara Harapan 1-3, juara 1-3 mendapatkan voucher pulsa dan piagam penghargaan dan juara harapan 1-3 mendapatkan piagam penghargaan. Dari salah satu pemenang yang mewakili UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yaitu memenangkan juara harapan 2 dan 3.

"Alhamdulillah masih tidak sangka saya bisa menang dalam lomba ini karena tidak berharap banyak untuk memenangkan lomba ini dan terima kasih untuk dosen dan teman – teman saya yang sudah menyemangati saya mengikuti lomba ini. Saya berharap teman-teman yang belum beruntung tetap terus belajar, jangan pantang menyerah, dan selalu optimis dalam segala hal," Ujarnya.

Reporter: Vinki Zakia Rahman, KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023