Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ustadz Untung Iskandar: Tiga Amanah Utama Dalam Agama

Minggu, 06 Desember 2020 | Desember 06, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-07T07:47:39Z

Dakwahpos.com, Tasikmalaya – Ustadz Untung Iskandar mengisi Khutbah Jum'at di Masjid Besar Al-Muhsinin, Kadipaten, Tasikmalaya. Beliau membawakan materi khutbah tentang amanah, Jum'at (4/12/2020).

Disampaikan oleh Ustadz Untung Iskandar, mengutip dari hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, bahwa amanah adalah hal pertama yang mudah hilang dari agama.

"Amanah adalah hal pertama yang mudah menghilang dari agama kalian semua (Islam), (HR. Imam Thabrani)," ungkapnya.

Terdapat tiga amanah utama dalam agama Islam. Amanah utama tersebut di antaranya: Ilmu, harta, dan kekuasaan.

"Ada tiga amanah utama dalam agama Islam, pertama, ilmu, kedua, harta, dan ketiga kekuasaan". Ujarnya.

Orang yang berilmu wajib menyebarkan dan mengajarkannya kepada orang lain yang membutuhkan dan tidak boleh menyembunyikannya. Karena menyebarkan dan mengajarkan ilmu merupakan sebuah tanggung jawab dari amanah yang harus dikerjakan. Mencari ilmu dan mempunyai ilmu merupakan keharusan sekaligus kewajiban bagi semua orang tanpa terkecuali.

"ilmu adalah amanah dari Allah SWT kepada seseorang yang bertanggung jawab untuk menyebarkan, mensyi'arkan, dan mengajarkannya kepada orang lain yang membutuhkan," Katanya.

Harta merupakan amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada semua hambanya, terutama orang yang kaya raya. Harta harus digunakan untuk membantu orang-orang yang sedang kesusahan. Jadikanlah harta sebagai alat untuk membuat semua orang menjadi senang dan bahagia.

"Harta adalah amanah dari Allah SWT dan merupakan alat kesenangan dan kebahagiaan bagi seluruh manusia," katanya.

Kekuasaan merupakan amanah yang diberikan Tuhan (Allah) kepada hambanya yang Ia  percayai. Orang yang mendapatkan kekuasaan, sejatinya ia sedang diuji oleh Allah dengan amanah tersebut. Dengan begitu, sebaiknya orang yang sedang mendapatkan/memperoleh kekuasaan hendaknya bersikap adil dan tidak berlaku dzolim kepada Tuhan dan sesama manusia.

"Kekuasaan adalah amanah yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang (hamba) yang Ia percayai," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Untung Iskandar selaku khatib menegaskan tentang hal amanah dengan mengutip ayat al-Qur'an surah an-Nisa ayat 58,

"Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh Allah Maha Mendengar, Maha Melihat".

Reporter: Sahrul Adimiharja, KPI/3D
×
Berita Terbaru Update