Ustad H. Wawan Aajak Jemaah Shalat Jumat untuk Bbertawakal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Dakwahpos.com, Cianjur - Masjid … mengadakan kegiatan Shalat Jum'at yang rutin dilaksanakan setiap minggunya. Pada hari Jum'at (11/12/2020) Ustad H. Wawan mengajak para Jemaah untuk bertawakal, sabar, dan meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT. dalam mengahdapi Pandemi Covid-19.

"Dina denget ieu urang karaos ayeuna, Allah SWT. dina waktos-waktos ieu masihan cocobi ka alurang sadayana, diantarana cocobi  ku ayana wabah …"  (Pada hari ini, terasa oleh kita semua, Allah memberi cobaan kepada kita semua, diantaranya cobaan dengan adanya wabah …). Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah : 153, "Yaa Ayyuhalladzina aamanuu Ista'inuu bishobri washolati. Innallaha ma'a shobiriin"

Pada ayat tersebut diserukan "Yaa Ayyuhalladzina aamanuu" yang dikhususkan hanya untuk orang-orang yang beriman. "Ista'inuu" memohonlah pertolongan (kepada Allah), "bishobri washolati" dengan sabar dan Sholat. Jadi, pada ayat ini Allah khususkan untuk seorang muslim untuk hanya meminta pertolongan kepada Allah jangan kepada dzat selain Allah dengan sabar dan Sholat

Saat ini, Allah menurunkan wabah sudah lebih dari delapan bulan terhitung sejak bulan maret 2020, wabah ini adalah cobaan bagi umat muslim bagaimana menghadapi pandemi, apakah dengan keputus asaan, atau bersyukur dan tawakal kepada Allah SWT. maka dengan diturunkannya wabah ini, Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk meminta pertolongan-Nya

"sabar teh nyaeta hiji pagawean anu ngan ngandelkeun sadayana persoalan teh ka Allah SWT. kalawan usaha … " (sabar adalah suatu pekerjaan yang hanya mengandalkan semua persoalan kepada Allah dengan di barengi usaha …). Kita sebagai orang muslim yang beriman sudah sepatutnya untuk percaya bahwa wabah ini turunnya dari Allah untuk menguji keimanan kita dan menggantungkan diri hanya kepada Allah.

"ku kituna, dina menghadapi hiji musibah hayu urang sami-sami tingkatkeun kasabaran urang, tingkatkeun pertolongan urang ka Allah SWT. supaya ieu musibah anu di dugikeun ka urang sadaya sing enggal dicandak ku Allah SWT. …" (dengan begitu, dalam menghadapi suatu musibah, mari kita bersama-sama (untuk) meningkatkan kesabaran kita, tingkatkan (permintaan) pertolongan kita kepada Allah SWT. …) tutup Ustd. H. Wawan, sebagai Khotib pada Shalat Ju'mat.

Reporter : Andika Adillatil A A / KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023